Melalui Motekar, Unpad Ingin Tingkatkan Inovasi dan Komersialisasinya

[Unpad.ac.id, 18/11/2013] Dalam rangka dies natalis ke-56, Unpad menggelar Anugerah Motekar Unpad, sebuah apresiasi Unpad kepada masyarakat yang telah melakukan inovasi dan rekayasa sosial yang berperan dalam pembangunan bangsa. Acara ini ditujukan tidak hanya bagi civitas Unpad saja, namun bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

“Unpad ingin menjaring inovator yang benar-benar memiliki inovasi yang baik, terencana dengan matang dan terencana dan pelaku rekayasa sosial di masyarakat,” ujar Ketua Pantia Anugerah Motekar Unpad, Dr. Ir. Regina Hindersah, MP., yang ditemui di Ruang LPPM Unpad, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (18/11) ini.

Menurutnya, saat ini banyak hasil inovasi dan rekayasa sosial yang belum terekspos. Padahal hal tersebut sangat bermanfaat, khususnya bagi kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Unpad ingin mengangkat para inovator dan pelaku rekayasa sosial tersebut, dan menjadikan mitra di masa depan.

“Unpad tidak hanya memberikan penghargaan saja kepada mereka, namun ingin membantu peningkatan kadar inovasi dan komersialisasinya. Pemenangnya nanti akan kita beri kesempatan untuk memberi kuliah umum dihadapan mahasiswa Unpad. Harapannya, mereka dapat menjadi pendorong dan motivasi bagi masyarakat,” lanjutnya.

Pada Anugerah Motekar 2013 ini, Unpad memberikan penghargaan untuk kategori Inovasi Teknologi, Inovasi Ekonomi Kreatif, dan Rekayasa Sosial. Inovasi Teknologi adalah inovasi di seluruh bidang kehidupan  yang dapat mengatasi sebagian masalah nasional serta memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat.  Sedangkan Inovasi Ekonomi Kreatif adalah Inovasi di bidang Periklanan, Arsitektur, Seni, Kerajinan, Desain, Fashion, Film, Musik, Seni Pertunjukkan, Penerbitan, Perangkat Lunak, Mainan dan Permainan, Penelitian, Televisi dan Radio, dan Permainan Video. Sementara Rekayasa Sosial adalah upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok masyarakat  untuk menyelesaikan masalah penting dan mendesak dengan penuh tanggung jawab dan acapkali disertai pengorbanan moril dan materil untuk perbaikan kualitas kehidupan.

Bagi yang berminat mengikuti Anugerah Motekar 2013, pendaftaran masih dibuka hingga Selasa, 26 November 2013 mendatang. Calon peserta diharuskan mengunduh dan mengisi formulir yang terdapat di laman https://www.unpad.ac.id/motekar/ dan mengirimkan kembali melalui email ke sekretariat_motekar@unpad.ac.id atau sekretariat.motekar@gmail.com. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di laman https://www.unpad.ac.id/motekar/.

Peserta yang masuk akan diseleksi oleh juri dari kalangan akademisi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Riset dan Teknologi dan Kementerian Sosial. Selain seleksi administratif, peserta juga akan diwawancara dan diverifikasi langsung ke lapangan dan hasil karyanya juga akan dipamerkan di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, 22-23 Desember 2013 mendatang.

Untuk menyosialisasikan kegiatan ini, panitia juga telah menyebarluaskan informasi ini kepada berbagai universitas, lembaga penelitian, jaringan peneliti, Forum Layanan Iptek Masyarakat dan melalui media massa. Khusus untuk civitas Unpad, panitia akan menyosialisasikan kegiatan ini pada Rabu (20/11) pukul 14.30 WIB bertempat di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor.

Masih dalam rangkaian kegiatan Anugerah Motekar 2013, Unpad bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI juga menggelar berbagai pelatihan yaitu, Pelatihan Seni Rupa dan Desain Grafis (21/11), Pelatihan Musik Pop Sunda (21/11) dan Pelatihan Sarung Sunda (23/11) mendatang.

Laporan oleh: Marlia /eh *

Share this: