The International Conference of Applied Statistics 2013 Bahas Perkembangan Ilmu Statistika Dunia

Suasana “The International Conference of Applied Statistics (ICAS) 2013” di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Senin (16/9) yang menghadirkan akademisi dari 10 negara (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 16/09/2013] Program studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad bekerja sama dengan Statistical Forum for Higher Education (FORSTAT) menggelar “The International Conference of Applied Statistics (ICAS) 2013”. Kegiatan ini digelar pada 16 hingga 19 September 2013 di kampus Unpad Jatinangor.

Suasana “The International Conference of Applied Statistics (ICAS) 2013” di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Senin (16/9) yang menghadirkan akademisi dari 10 negara (Foto: Tedi Yusup)*

Menurut ketua pelaksana kegiatan, Dr. Toni Toharudin, M.Sc., sebanyak 60 pemakalah yang terdiri atas peneliti dan akademisi dari 10 negara mengikuti seminar tersebut. Pemakalah tersebut merupakan peneliti statistik baik dari lingkungan akademik maupun dari institusi. Selain itu, ada 3 keynote speaker dalam seminar internasional tersebut, yaitu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Suryamin Ph.D., dari Badan Pusat Statistik, serta Prof. Asep Saefuddin, PhD., dari Institut Pertanian Bogor.

Lebih lanjut Dr. Toni mengatakan, seminar ini juga menghadirkan 12 invited speaker dari berbagai perguruan tinggi di dunia, yaitu Radbound University of Nijmegen, University of Leuven, Antwerpen University, University of Groningen, Universiti Utara Malaysia, Cardiff University, La trobe University, Tilburg University, Seoul National University, University of Malaysia Perlis, serta dari FMIPA Unpad.

Adapun tema makalah yang ditawarkan adalah terkait dalam bidang pengembangan ilmu statistika, seperti Biostatistics, Data Mining and Informatics, Technometrics, Sampling Technique, Econometrics, Spatial Econometrics, Actuary, Spatial Statistics, Statistics Education, Sociometrics, Psychometrics, Stochastics, Statistical Theory, dan Nonparametric Regression.

“Seminar ini juga menjadi ajang bagi para peserta untuk menjalin kerja sama penguatan penelitian di bidang ilmu Statistika,” ujar Dr. Toni.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad, Dr. med. Setiawan, saat membuka kegiatan, Senin (16/09) di Bale Sawala Unpad Kampus Jatinangor mengungkapkan, ICAS 2013 diharapkan bukan hanya menjadi ajang untuk sharing pemikiran mengenai ilmu Statistik, juga menjadi ajang family gathering para peneliti untuk meningkatkan aktivitas perkembangan, khususnya di bidang ilmu Statistik.

“Unpad sendiri sangat mendukung ICAS 2013. Diharapkan ke depan akan ada kerja sama lanjutan dengan para perguruan tinggi yang mengikuti ICAS 2013 kali ini,” kata Dr. Setiawan. *

Laporan oleh: Arief Maulana / eh*

 

Share this: