Peneliti Unpad Raih Hibah Rispro untuk Riset Digital Parenting

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Tim Peneliti Universitas Padjadjaran berhasil meraih hibah riset dari Program Riset Inovasi Produksi (Rispro) Invitasi 2024. Hibah tersebut merupakan kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia.

Tim Peneliti yang terlibat merupakan gabungan dari Dosen Fakultas Psikologi dan Fakultas Kedokteran Unpad, yaitu Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi, Fredrick Dermawan Purba, M.Psi, Ph.D., Fedri Ruluwedrata Rinawan, dr., M.Sc. PH., PhD, serta Dr. Andry Alamsyah, S.Si, M.Sc yang berasal dari School of Economics & Business Telkom University.

Dekan Fakultas Psikoogi Prof. Zahrotur Rusyda Hinduan, MOP., PhD., atau yang sering dipanggil Rosie, mengatakan bahwa melalui riset berjudul “Orang Tua Emas: Optimalisasi Revolusi Asuh Nasional Generasi Terbaik untuk Anak dan Remaja dengan Edukasi Digital Modern Asuh Strategis” tersebut , tim berhasil memperoleh hibah senilai lebih dari Rp2,3 M.

Prof. Rosie menyampaikan bahwa proyek riset tersebut akan dilaksanakan selama dua tahun dan pada saat ini masih dalam tahap offering. Minggu depan, tim peneliti akan berdiskusi untuk negosiasi nilai hibah akhir berdasarkan masukan dari Reviewer.

“Saat ini masih diperhitungkan ulang biaya akhirnya. Pada tahun pertama akan dikembangkan program berbasis IT terkait parenting dan tahun kedua terkait implementasi pada 13 daerah di Indonesia,” ujar Prof. Rosie.

Selanjutnya, Prof. Rosie menyampaikan bahwa riset ini bertujuan menciptakan generasi yang lebih beradab di Indonesia. Prof. Rosie berharap dana hibah yang didapatkan untuk pengembangan program tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya para calon orang tua atau orang tua di seluruh Indonesia.

“Karena menjadi orang tua itu tidak ada sekolahnya. Diharapkan dengan adanya pengembangan program ini masyarakat Indonesia dapat mempelajari cara pengasuhan yang tepat untuk kondisi saat ini,” ujar Prof. Rosie.

Lebih lanjut, Prof. Rosie juga menyampaikan harapannya agar riset ini tidak hanya memberikan manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas, tetapi juga memberikan manfaat untuk akademik dengan melibatkan dosen serta mahasiswa di dalamnya. 

“Kami berharap mahasiswa dan dosen dapat bekerja bersama dengan kolega dari fakultas lain baik dari dalam universitas Padjadjaran maupun dengan kolega dari Telkom University,”  jelasnya. (arm)*

Share this: