FEB Unpad Gelar Konferensi Internasional Tentang Organisasi Industri dan Persaingan Usaha

Suasana kegiatan “The First International Conference on Industrial Organization 2024” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, 8 Mei 2024 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Forum Dosen Persaingan Usaha (FDPU) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI serta sejumlah mitra perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri menggelar “The First International Conference on Industrial Organization 2024” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, 8 Mei 2024 lalu.

Kegiatan ini merupakan konferensi internasional pertama yang membahas tentang ekonomi industri. Konferensi ini mengundang akademisi senior dan muda untuk berdiskusi mengenai upaya mendorong struktur, perilaku, dan kinerja industri agar mengarah pada persaingan usaha yang sehat.

Selain itu, Konferensi internasional ini juga merupakan salah satu upaya nyata dari FEB dalam mendorong internasionalisasi di lingkungan Unpad.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, mengusung tema “Fostering Competition to Rescale Efficiency and Productivity”, konferensi ini mencakup berbagai topik mikro dan makro, serta isu-isu ekonomi dan hukum persaingan usaha.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan Dr. Alfiah Hasanah, selain untuk pengembangan akademik, konferensi ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga kepada para pengambil kebijakan, khususnya bagi pemerintah dan KPPU.

Konferensi ini diikuti 169 peserta yang terdiri dari akademisi dan praktisi dari berbagai universitas dan institusi, baik dalam maupun luar negeri.

Acara ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah Plenary Session yang menghadirkan tiga keynote speakers: Prof. Dr. Ir. AGJM Alfons Oude Lansink (Wageningen University, Belanda), Prof. Maman Setiawan, S.E., M.T., Ph.D. (Universitas Padjadjaran, Indonesia), dan Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M. Li (Universitas Sumatera Utara, Indonesia).

Sesi kedua adalah Parallel Session, di mana 74 presenter participants yang lolos seleksi mempresentasikan hasil riset mereka. Dalam sesi ini, para penyaji makalah dari Filipina, Aldrich June B. Caraecle dan Charlou A. Baustista, dinobatkan sebagai pemenang Best Topic, sementara mahasiswa dari program Doktor Ekonomi Terapan FEB Unpad, Elita Pertiwi, meraih penghargaan sebagai Best Presenter.

Kesuksesan konferensi ini didukung oleh berbagai pihak, termasuk Co-Hosted Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Forum Dosen Persaingan Usaha (FDPU), mitra Wageningen University, Mindanao State University, Brunei Darussalam University, Universiti Teknologi MARA, dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, serta sponsor PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), PT. Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Center for Economics and Development Studies (CEDS), Unpad EdEx, Bank BJB Syariah, dan Bank BJB Kantor Cabang Jatinangor. (rilis)*

Share this: