Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Dunia pada QS WUR 2025

Foto udara kampus Unpad Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran berhasil masuk dalam peringkat 500 perguruan tinggi dunia berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings atau QS WUR 2025 yang dirilis Selasa (4/4/2024) waktu setempat. Pada tahun ini, Unpad menduduki peringkat 596. Peringkat ini naik 65 poin dari tahun lalu, yaitu 661 dunia. 

“Alhamdulillah, bahwa apa yang kita targetkan tampaknya berbuah positif. Ranking QS WUR kita meningkat dibandingkan tahun lalu,” kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Pada tahun ini, Unpad mengalami kenaikan peringkat pada empat indikator, yaitu employer reputation, faculty student ratio, international faculty, dan academic reputation.

Rektor menjelaskan, target masuk 500 perguruan tinggi dunia merupakan target yang dicanangkan seluruh warga Unpad. Hal ini kemudian diwujudkan dengan berbagai upaya dan kolaborasi bersama antara sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

Upaya tersebut berbuah hasil. Sejak 2020, peringkat Unpad pada QS WUR terus menunjukkan penguatan. “Apa artinya penguatan itu? Artinya bahwa memang ini hasil kerja keras bersama seluruh dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan tentu saja para pimpinan untuk bersama-sama merealisasikan target yang telah dicanangkan,” imbuhnya.

Basis penilaian QS WUR 2025 mengacu pada data tahun 2023 yang diajukan universitas. Untuk itu, Rektor mengajak sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad untuk tetap optimistis untuk meningkatkan kerja keras dalam upaya meningkatkan peringkat di tahun depan.

“Kalau punya tren yang baik, inersianya baik, harusnya semua sivitas akademika optimistis, kalau kerja keras kita terus ditingkatkan, bukan hanya capaian tahun ini yang meningkat tetapi juga tahun depan juga meningkat,” kata Rektor.

Pekerjaan Rumah

Lebih lanjut Rektor mengatakan, peningkatan peringkat Unpad tersebut tidak lepas dari berbagai strategi yang dijalankan. Beberapa di antaranya memperbanyak jejaring, mitra, dan kolaborator global. Upaya yang telah dijalankan pimpinan dan sivitas akademika Unpad ini telah membuahkan rekognisi yang baik.

Kendati demikian, ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus diperkuat. Sivitas akademika Unpad, kata Rektor, harus bisa meyakinkan mitra dan kolaborator global bahwa Unpad memiliki kualitas akademik yang terus membaik.”Upaya ini yang akan dilakukan pada 2024 ini,” terangnya.

Untuk itu, Rektor kembali menekankan bahwa seluruh pemangku kepentingan Unpad berperan dalam peningkatan kualitas akademik sekaligus mampu meyakinkan global untuk memberikan rekognisi terbaik bagi Unpad.

“Jadi pekerjaan rumah kita adalah mari memperbanyak output akademik berkualitas yang kemudian kita minta para mitra itu merekognisi output kita,” kata Rektor.*

Share this: