Peserta PMM 4 Inbound Unpad Gelar Pesta Mahasiswa Nusantara

Mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 Inbound Unpad asal Sulawesi Tengah menampilkan tari khas daerahnya dalam kegiatan “Pesta Mahasiswa Nusantara: Harmoni dalam Keberagaman” yang diselenggarakan di Lapangan Parkir PPBS Kampus Unpad Jatinangor, Sabtu (1/6/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Para mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Inbound di Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan “Pesta Mahasiswa Nusantara: Harmoni dalam Keberagaman” yang diselenggarakan di Lapangan Parkir PPBS Kampus Unpad Jatinangor, Sabtu (1/6/2024).

Kegiatan ini diikuti 1.157 mahasiswa peserta PMM 4 Inbound yang sedang menjalani studi di Unpad sejak awal 2024 lalu. Dalam kegiatan ini, mahasiswa menampilkan berbagai kesenian tradisional dari asal wilayahnya masing-masing.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita menyampaikan rasa bangga serta apresiasi atas terlaksananya acara ini. Prof. Arief mengatakan pelaksanaan Pesta Mahasiswa Nusantara ini menunjukkan betapa besarnya kebudayaan yang ada di Indonesia.

Kegiatan yang menyatukan berbagai perbedaan di Indonesia ini dapat menjadi salah satu ajang untuk bertukar pikiran dalam upaya memajukan Indonesia. Oleh kerena itu, Prof. Arief berharap agar program PMM ini dapat terus berjalan hingga waktu yang lama.  

“Satu hal yang harus selalu diingat adalah semakin kita dekat dan semakin kita dapat memahami setiap perbedaan, maka akan semakin maju Indonesia,” ujar Prof. Arief.

Selanjutnya, Kepala Program PMM Kemendikbudristek Asri Aldila Putri menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada Unpad atas dukungan, komitmen, serta partisipasinya dalam pelaksanaan program PMM 4 Inbound ini. 

Asri berharap program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi SDM yang unggul tersebut dapat mewujudkan ekosistem pembelajaran yang dinamis untuk menjawab persoalan di masa kini dan akan datang.

Tidak hanya itu, melalui program ini, Asri juga berharap agar mahasiswa dari seluruh Indonesia memberikan manfaat bagi sekitarnya dan manfaat bagi Indonesia.

“Saya berharap melalui keikutsertaan di PMM, teman-teman mahasiswa dapat meningkat rasa cinta tanah airnya karena teman-teman merupakan mahasiswa terpilih dan teman-teman sudah belajar tentang indahnya keberagaman, tentang kayanya bangsa kita,” ujar Asri. (arm)*

Share this: