PLP FTIP Unpad Raih Prestasi di NaLIS 2024 Malaysia

Pranata Laboratorium Pendidikan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad Tia Amina Setiawati, M.Si., meraih medali emas di University Malaysia Terengganu pada 6-7 Mei 2024 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Tia Amina Setiawati, M.Si., meraih medali emas dalam ajang International Laboratory Innovation Seminar (NaLIS) 2024 yang diselenggarakan oleh University Malaysia Terengganu pada 6-7 Mei 2024 lalu.

Kepada Kanal Media Unpad Tia mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini merupakan kegiatan seminar yang diperuntukkan kepada petugas laboratorium perguruan tinggi negeri di Malaysia, serta mengundang tenaga PLP di Indonesia untuk turut berpartisipasi.

“Sebetulnya saat itu saya tidak terpikir akan mendapatkan award. Saya hanya ingin mendapatkan pengalaman saja sekalian mendapat jejaring dan teman baru di sana. Alhamdulillah, di sana saya mendapatkan banyak teman baru, banyak kenalan dari beberapa yang datang,” ujar Tia.

Di hadapan para juri di ajang tersebut, Tia mendapatkan kesempatan melakukan presentasi dengan tema validasi metode. Presentasi yang dilakukan berdasarkan pada data lab yang tersedia di FTIP Unpad.

Tia mengatakan, dalam mempersiapkan presentasi tersebut butuh waktu kurang lebih selama satu bulan untuk melakukan proses pengumpulan data. Selain itu, dirinya juga mempersiapkan paper serta poster yang juga dipamerkan pada saat kegiatan presentasi berlangsung.

“Kendalanya membagi waktu antara harus mempersiapkan hal lain terkait dengan akreditasi juga harus mempersiapkan data, tetapi Alhamdulillah saya bisa di sela-sela waktu yang memang ada pekerjaan yang lain juga. Walaupun persiapannya hanya satu bulan, Alhamdulillah bisa saya lalui,” kata Tia.

Tia berharap keikutsertaannya di ajang internasional ini mendorong tenaga PLP lainnya untuk ikut mengembangkan diri. Hal ini tentunya memerlukan dukungan seluruh pihak dalam memberikan ruang dan kesempatan bagi tenaga PLP dan staf lainnya di lingkungan Unpad untuk mengembangkan diri.

Selain itu, melalui kegiatan seminar ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat serta motivasi untuk terus melakukan pengembangan diri dalam bentuk apapun.

Tia menyampaikan rasa terima kasih kepada FTIP Unpad serta tim yang telah memberikan kesempatan dan membantunya dalam melakukan persiapan, hingga dapat mengikuti kegiatan seminar ini.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk fakultas karena saya merasa FTIP itu memberikan kesempatan dan ruang untuk saya bisa berinovasi dan berkreasi. Kemudian juga saya mengucapkan terima kasih untuk teman-teman tim Lab Jasa Uji yang membantu saya dalam proses pembuatan, baik itu teknis saat penelitiannya maupun saat penulisannya,” pungkasnya. (arm)*

Share this: