P3R Unpad Tetapkan 14 Bakal Calon Rektor Unpad 2024-2029

Ketua Panita Pengarah Pemilihan Rektor Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, M.A., bersama Ketua pelaksana P3R Unpad Duta Besar Nadjib Riphat Kesoema berfoto bersama dengan para Bakal Calon Rektor Unpad yang hadir secara langsung dalam acara Pengumuman Bakal Calon Rektor Unpad yang digelar di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (3/5/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran (P3R Unpad) menetapkan 14 Bakal Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029. Penetapan dilakukan berdasarkan hasil seleksi tahap penjaringan terhadap berkas administrasi pendaftar Bakal Calon Rektor Unpad.

Penetapan Bakal Calon Rektor Unpad tersebut diumumkan dalam acara Pengumuman Bakal Calon Rektor Unpad yang digelar di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (3/5/2024). Pengumuman ini dihadiri ketua Majelis Wali Amanat Unpad Dr. Arief Yahya, anggota MWA Unpad, Ketua P3R Unpad Duta Besar Nadjib Riphat Kesoema, para P3R Unpad, serta awak media.

Nadjib menjelaskan, proses penjaringan merupakan tahap pertama Pemilihan Rektor Unpad berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.  Pada tahap ini, ada 16 berkas pendaftaran yang masuk ke panitia. Jumlah tersebut terdiri dari 14 pendaftar dari lingkungan Unpad serta 2 pendaftar dari luar Unpad.

“Kita mendapat respons yang luar biasa,” kata Nadjib

Dari 16 pendaftar tersebut, panitia telah melakukan verifikasi berkas dan kemudian dibahas dalam rapat pleno tertutup. Dari hasil rapat pleno tertutup, sebanyak 14 pendaftar dinyatakan lolos verifikasi sebagai Bakal Calon Rektor Unpad.

Setelah diumumkan, para Bakal Calon Rektor tersebut diundi untuk menentukan nomor urut. Adapun tahap selanjutnya dari proses Pemilihan Rektor Unpad adalah tahap penyaringan. Tahap penyaringan yang digelar pada 6 Mei – 28 Juni 2024 ini dilakukan untuk menyaring Bakal Calon Rektor Unpad menjadi 3 Calon Rektor.

Dalam acara tersebut Arief Yahya menjelaskan, proses Pemilihan Rektor Unpad dilakukan untuk memilih Rektor Unpad yang memiliki kualifikasi berimbang sebagai academic leader dan business leader.

Untuk menentukan academic leader, MWA melakukan seleksi dengan enam indikator kualifikasi. Proyeksi dari kualifikasi ini adalah meningkatkan reputasi Unpad dalam pemeringkatan perguruan tinggi global. Sementara penilaian business leader dilakukan melalui asesmen berdasarkan 11 dimensi.

“Rektor Unpad yang akan datang harus balance antara academic leader dan business leader. Jadi harus melakukan transformasi digital dan akselerasi investasi,” kata Arief.

Adapun 14 Bakal Calon Rektor Unpad berdasarkan nomor urut pengundian adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. apt. Keri Lestari, M.Si;
  2. Prof. Dr. Diana Sari, M.Mgt., Ph.D;
  3. Prof. Dr. med. Setiawan, dr., AIFM;
  4. Dr. Arip Rahman Sudrajat;
  5. Dr. Asep Mulyana, S.E., Dipl.Koop.Oek;
  6. Dr. Idris, S.H., M.A;
  7. Prof. dr. Arief S. Kartasasmita, SpM(K)., Mkes. PhD;
  8. Prof. Dr. Ace Tatang Hidayat, M.Si., M.M;
  9. Prof. Popy Rufaidah, S.E., MBA, Ph.D;
  10. Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc;
  11. Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si;
  12. Prof. Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si;
  13. Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.AIR., Ph.D;
  14. Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H., S.A.P., M.Hum.*
Share this: