Salah seorang calon mahasiswa Unpad melakukan registrasi administrasi di Bale Santika Unpad, Senin (29/07). (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 29/07/2013] Pelaksanaan registrasi administratif mahasiswa baru program Diploma dan Profesi Unpad TA 2013/2014 digelar pada hari ini, Senin (29/07) hingga Selasa (30/07) di Auditorium Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor. Sebanyak kurang lebih 1.300 calon mahasiswa program Diploma dan 200 calon mahasiswa program Profesi akan melakukan registrasi pada dua hari tersebut.

Salah seorang calon mahasiswa Unpad melakukan registrasi administrasi di Bale Santika Unpad, Senin (29/07). (Foto: Tedi Yusup)*

Kepala Subbagian Seleksi dan Registrasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Agus Muchtarom, S.Si., mengungkapkan, pelaksanaan registrasi dibagi menjadi beberapa sesi. Setiap sesi memiliki durasi waktu sekitar 1 jam.

“Untuk teknis registrasinya sendiri masih mengikuti pola registrasi yang diterapkan di Unpad,” ujar Agus saat ditemui pada pelaksanaan registrasi, Senin (29/07).

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, pembayaran biaya kuliah untuk program D-III di Unpad sudah diberlakukan tarif UKT, artinya pembayaran Dana Pengembangan yang biasanya dibayar sekaligus pada awal perkuliahan, kini didistribusikan ke dalam 6 semester. Sistem ini juga berlaku untuk mahasiswa program S1 jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Terkait dengan banyaknya pengajuan permohonan penurunan biaya kuliah pada program S1, Agus sendiri menerangkan untuk jalur D-III dapat pula mengajukan permohonan tersebut. “Kita fasilitasi permohonan tersebut, selama yang bersangkutan sesuai dengan kebijakan permohonan,” ujar Agus.

“Kita harapkan, setelah permohonan tersebut disetujui, biaya kuliah tersebut sudah dibayarkan paling lambat 2 minggu setelah perkuliahan,” tambah Agus.

Pelaksanaan registrasi sendiri diakui Agus tidak mengalami kendala. “Ini juga disebabkan sudah ada video prosedur registrasi di laman Unpad yang memudahkan mahasiswa baru melakukan registrasi pada saat ini,” ujar Agus.

Agus pun berharap mahasiswa baru D-III pun dapat mematuhi tata tertib yang berlaku di Unpad. “Kita harapkan mahasiswa baru dapat mematuhi peraturan dan mengikuti proses Pelaksanaan Mahasiswa Baru pada tanggal 20 -21 Agustus nanti,” pungkas Agus.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: