Sebanyak 320 Mahasiswa Unpad Ikuti Uji Kompetensi Pengelolaan Administrasi Kantor

Mahasiswa Universitas Padjadjaran mengikuti uji kompetensi Pengelolaan Administrasi Kantor yang dilaksanakan pada Jumat (8/3/2024) dan Sabtu (9/3/2024) di kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Padjadjaran bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran Nusantara (LSP AP-N) menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Pengelolaan Administrasi Kantor yang dilaksanakan pada Jumat (8/3/2024) dan Sabtu (9/3/2024) di kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor.

Kegiatan ini diikuti 400 peserta yang terdiri dari 320 mahasiswa Unpad dan 80 mahasiswa dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Kepada Tim Kanal Media Unpad, Kepala LSP Unpad Syariful Mubarok, S.P., M.Sc., PhD., mengatakan bahwa kegiatan uji kompetensi ini dimulai dengan pemberian pembekalan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para peserta yang dilaksanakan pada Kamis (7/3/2024).

“Kami LSP Unpad bekerja sama dengan LSP Administrasi Perkantoran Nusantara, kerja sama itu salah satunya mendapatkan hibah untuk pelaksanaan sertifikasi kepada mahasiswa. Dari itu maka kita laksanakan, sehingga kita tidak menarik harga untuk peserta,” ujar Syariful.

Selanjutnya Syariful juga menjelaskan bahwa pada uji kompetensi ini ada beberapa poin penting  yang menjadi dasar penilaian, yaitu pengetahuan, keterampilan (skill), serta sikap (attitude) melalui ujian tulis dan juga demonstrasi. Oleh karena itu, diharapkan para peserta dapat mengikuti pelaksanaan uji kompetensi ini dengan baik, sehingga dapat lulus dan dinyatakan kompeten.

Selain itu, Syariful juga berharap melalui pelaksanaan uji kompetensi yang diikuti oleh mahasiswa program S-1 dan D-4 ini dapat menjadi bekal untuk berkarier di masa yang akan datang, khususnya dalam bidang administrasi perkantoran.

“Dengan adanya sertifikat kompetensi ini bisa membekali mahasiswa (peserta) untuk dapat dengan mudah mencari pekerjaan, khususnya dalam bidang administrasi perkantoran,” jelasnya. (art)*

Share this: