Unpad-Kemenlu RI Gelar Nonton Bareng Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2024

Suasana nonton bareng "Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI 2024" yang digelar Universitas Padjadjaran bersama Kemenlu RI di Bale Rumawat Kampus Unpad Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (8/1/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengadakan kegiatan “Nobar Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2024 dan Bincang Polugri Bersama Kementerian Luar Negeri” yang dilaksanakan di Bale Rumawat Kampus Unpad Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (8/1/2024).

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi Kemenlu RI Duta Besar Dindin Wahyudin menjelaskan bahwa kegiatan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Menlu RI Retno L. P. Marsudi untuk memberikan keterangan tentang capaian Kemlu selama satu tahun.

Dindin juga menyampaikan bahwa kegiatan nonton bareng Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri yang dilaksanakan di 11 kampus di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk memperkenalkan capaian-capaian Kemenlu RI ke seluruh Indonesia.

“Diharapkan dengan reach out dan engagement Kementerian Luar Negeri dengan kampus ini semakin memberikan gambaran bahwa selama setahun terakhir Kementerian Luar Negeri telah banyak melaksanakan kegiatan, jadi perlu diketahui oleh publik,” ujar Dindin.

Tidak hanya itu, Dindin juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri yang berlangsung di Gedung Merdeka ini berkaitan erat dengan persiapan untuk memperingati Konferensi Asia Afrika.

Dindin berharap kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Merdeka, Bandung, ini dapat mengingatkan kembali terkait Bandung Spirit. Saat ini, Bandung Spirit masih terus bergema di negara-negara di Afrika.

“Kalau kami bertemu dengan Presiden, bertemu dengan menteri-menteri, mereka selalu menyampaikan kepada saya bahwa merdekanya negara-negara Afrika itu karena adanya Bandung spirit. Jadi ini yang harus kita gaungkan. Bukan hanya politik, sekarang ini dikaitkan dengan kerjasama ekonomi yang namanya diplomasi ekonomi,” jelasnya.

Setelah acara nonton bersama PPTM telah selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama para narasumber. Pada kesempatan ini, beberapa peserta dipersilahkan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai bagian dari proses diskusi yang sedang berlangsung. (arm)*

Share this: