Tangkal Perundungan, Prodi Sosiologi Unpad Gelar Project Based Learning

Para mahasiswi Prodi Sosiologi Unpad yang melakukan Project Based Learning Mata Kuliah Psikologi Sosial yang digelar di kawasan Jatinangor’s Park, Jatinangor, Minggu (3/11/2023).*

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Padjadjaran melaksanakan acara puncak Project Based Learning Mata Kuliah Psikologi Sosial yang digelar di kawasan Jatinangor’s Park, Jatinangor, Minggu (3/11/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda penutup proyek sosial. Selama satu semester mahasiswa melakukan praktik konstruksi perubahan perilaku individu sebagai unit terkecil pembentuk masyarakat.

Menggunakan pemahaman dasar tentang identitias sosial, persepsi sosial, sikap, hingga altruisme, tema proyek tahun ini adalah mendorong Indonesia bebas ataupun bersih dari perilaku perundungan. Adapun tema yang diusung adalah ”Dari Sosiologi Unpad Menuju Indonesia Bebas Perundungan”.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, agenda acara yang digelar di Janspark dan pasar Minggu Jatinangor ini merupakan bentuk implementasi proyek sosial yang memang difokuskan untuk menjangkau masyarakat.

Teknik perubahan perilaku yang digunakan adalah tehnik Pemasaran Sosial atau Social Marketing, sebuah strategi perubahan perilaku yang berusaha mengoptimalkan kreativitas dan inovasi yang biasa digunakan pada pemasaran bisnis (business marketing). Artinya, sebuah upaya yang bervisi sosial ini.

Ketua Program Studi Sosiologi Unpad sekaligus pembina mata kuliah Psikologi Sosial Dr. Hery Wibowo, M.M., ada beberapa alasan proyek ini dilakukan. Pertama, membangun empati sosial mahasiswa terkait ragam permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia, di mana salah satunya adalah masih maraknya praktik kekerasan/perundungan di masyarakat.

Selanjutnya, membangun softskill kepemimpinan dan kerja sama tim antarkelompok; membiasakan mahasiswa bekerja dengan target dan luara terukur; wahana implementasi ilmu; serta upaya kontribusi mahasiswa terhadap bangsa. (rilis)*

Share this: