Teater Pengetahuan Unpad Buka Layanan Ensiklopedia Pimnas

Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad Wina Erwina, M. A., Ph., D., menyampaikan informasi kepada pengunjung di Teater Pengetahuan Unpad di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (27/11/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Fella Rifnawati

[Kanal Media Unpad] Selama berlangsungnya Pimnas ke-36, Teater Pengetahuan Universitas Padjadjaran menyediakan layanan pengetahuan seputar Pimnas dalam bentuk teks dan audio visual. Layanan ini terbuka untuk umum.

Teater Pengetahuan Unpad yang berlokasi di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor ini membuka layanan pengetahuan seputar Pimnas dari tanggal 27 November hingga 1 Desember 2023, pukul 08.00 – 15.30 WIB.

“Jadi layanan informasi mengenai Pimnas ini dibuka untuk siapa saja yang memang ingin mengetahui, termasuk masyarakat umum,” terang Wina Erwina, M. A., Ph., D., selaku Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad.

Lebih lanjut Wina mengatakan bahwa layanan ini menyediakan berbagai informasi mengenai Pimnas. Mulai dari website Pimnas 36, profil perguruan tinggi yang mengikuti Pimnas, inovasi yang dibuat oleh tim-tim Pimnas, sejarah penyelenggaraan Pimnas, dokumenter harian Pimnas, hingga peraturan-peraturan Pimnas. Hal ini bertujuan supaya Pimnas dapat dikenal di berbagai kalangan.

“Kita membagi informasi ke dalam beberapa topik, seperti apa yang terjadi hari ini di Pimnas dan juga kita ada arsip dari Pimnas terdahulu,” jelasnya.

Tim Teater Pengetahuan Unpad pun melakukan riset mengenai informasi Pimnas terdahulu supaya dapat menjadi informasi tambahan terkait ide inovasi di masa kini.

“Informasi yang kami kumpulkan merupakan informasi kolektif yang telah kami filter informasinya supaya valid dan menarik. Atau, kalau mau request perguruan tingginya untuk ditayangkan dokumentasinya juga boleh. Untuk perguruan tinggi yang belum ada dokumennya juga bisa kami bantu telusuri dokumentasinya,” jelasnya.

Teater pengetahuan Unpad sangat terbuka untuk menayangkan dokumentasi kegiatan ilmiah selama konsepnya adalah mempopulerkan ilmiah agar lebih dikenal masyarakat. Oleh karena itu, adanya Pimnas ke-36 di Unpad merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi pihak Teater Pengetahuan yang sejalan dengan prinsip mereka bahwa ilmiah itu menyenangkan.

“Untuk saat ini teater memang sedang membuka layanan informasi Pimnas saja, ya. Tapi kami tidak membatasi siapa saja yang ingin mengisi dokumenter di sini, selama konsepnya adalah untuk memopulerkan ilmiah ke masyarakat,” kata Wina. (art)*

Share this: