Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tatang Muttaqin, Kepala BPTI Asep Sukmayadi, dan Kepala Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi RI Anton Rahmadi membuka pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (27/11/2023). (Foto: Juli Hantoro)*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 telah resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Tatang Muttaqin bersama Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Asep Sukmayadi, dan Kepala Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi RI Anton Rahmadi. Pembukaan dilakukan di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (27/11/2023).

 “Ada 106 perguruan tinggi yang hadir di sini dan merepresentasikan Indonesia dari ujung Aceh hingga Papua. Ini merupakan bagian terpenting bagaimana seluruh daerah, seluruh universitas bisa terwakili dalam ajang di tingkat nasional,” ujar Tatang.

Tatang mengatakan, peserta Pimnas merupakan talenta terbaik Indonesia. Mahasiswa, terutama yang menjadi pemenang diharapkan dapat terus meningkatkan prestasi.

Tatang juga menyampaikan bahwa seluruh peserta Pimnas yang hadir hari ini merupakan talenta-talenta terbaik, baik yang berhasil mendapatkan medali maupun yang tidak. Tatang mengatakan bahwa nama seluruh peserta akan tercatat di dalam sistem informasi Manajemen Talenta Nasional.

“Karena ini hanya bagian awal, bukan terminal akhir untuk menjadi talenta riset dan inovasi,” jelas Tatang.

Sementara itu, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa ajang Pimnas ini bisa menjadi ajang persahabatan bagi seluruh mahasiswa peserta Pimnas. Rektor berharap agar mulai hari ini seluruh peserta Pimnas dapat menjalin persahabatan yang kuat antar peserta.

“Kalau persahabatan kuat, karya ilmiah hebat, maka seluruh peserta itu akan menjadi SDM bertalenta dan pemimpin Indonesia unggul di masa depan,” kata Rektor.

Rektor Unpad juga berharap agar persahabatan yang terjalin dari ajang Pimnas ini tidak pernah berhenti hanya di sini dan akan terus berlanjut. Unpad sebagai tuan rumah pelaksanaan Pimnas ke-36 akan banyak belajar dari karya ilmiah yang dipamerkan dan dipresentasikan.

“Mudah-mudahan ini adalah hikmahnya baik bagi Unpad, karena Unpad di sini menjadi tuan rumah pertama dan kami mencoba berperilaku ramah, bersahabat, dan silahkan menikmati kampus kami,” ujar Rektor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2023 Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita dr., SpM(K), M.Kes., Ph.D. mengatakan bahwa Pimnas 36 diikuti 525 kelompok PKM dari 106 perguruan tinggi termasuk Unpad. Total mahasiswa yang hadir adalah 2411 peserta, dan juari berjumlah 77 orang.

“Ada 9 skema yang akan dipertandingkan di PKM,” kata Prof. Arief.

Acara pembukaan tersebut juga diisi dengan penyerahan piala bergilir dari IPB University ke Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Asep Sukmayadi, M.S., untuk selanjutnya diserahkan ke Rektor Unpad. (art)*

Foto oleh Dadan Triawan dan Juli Hantoro

Share this: