Rangkaian Pimnas ke-36, Ikatan Alumni Pimnas akan Gelar Indonesia Talent Summit 2023

Ketua Harian PImnas ke-36 Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menjelaskan mengenai Indonesia Talent Summit dalam acara “Sosialisasi Pedoman Pimnas ke-36 Tahun 2023” berlangsung daring via kanal Youtube Universitas Padjadjaran, Kamis (16/11/2023).*

Laporan oleh Marsya Avelia

[Kanal Media Unpad] Pelaksanaan Indonesia Talent Summit (ITES) 2023 sebagai bagian dari ajang Pimnas ke-36 di Universitas Padjadjaran akan menghimpun kontribusi dari Ikatan Alumni Pimnas Indonesia. Indonesia Talent Summit 2023 akan diselenggarakan di Bale Sawala, 29 November 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam selaku Ketua Harian Pimnas ke-36 ketika rangkaian “Sosialisasi Pedoman Pimnas ke-36 Tahun 2023” berlangsung secara daring via kanal YouTube Universitas Padjadjaran, Kamis (16/11/2023).

“Untuk selanjutnya, kita juga mengundang teman-teman dari Alumni Pimnas sendiri yang akan mengadakan Indonesia Talent Summit dan dilaksanakan di Bale Sawala. Dibuka untuk umum yakni peserta Pimnas dan sivitas Unpad,” jelas Boy di tengah sesi pemaparan mengenai gambaran umum acara Pimnas ke-36.

Sementara itu, perwakilan Ikatan Alumni Pimnas Indonesia, yakni Muhammad Akbar Makhbubi mengatakan bahwa Indonesia Talent Summit 2023 merupakan wadah untuk mengumpulkan berbagai gagasan talenta riset dan inovasi dalam membangun Indonesia yang maju dan unggul.

Acara yang mengusung tema “Talenta Bestari Indonesia Berdikari” ini juga dilaksanakan untuk merancang rekomendasi pada sistem pengembangan talenta riset dan inovasi di berbagai universitas Indonesia agar lebih efektif dan efisien.

Bentuk kegiatan ITES ini berupa Focus Group Discussion yang akan diisi oleh beberapa termin. Pada setiap terminnya, terdapat topik-topik pembahasan hasil dari jajak pendapat perguruan tinggi peserta Pimnas.

“FGD ini akan menjadi luaran berupa policy brief yang akan menjadi bahan pembahasan dalam forum sarasehan perguruan tinggi yang saat pelaksanaan Pimnas ke-36 nanti akan dilaksanakan di Universitas Padjadjaran,” papar Akbar.

Lebih lanjut Akbar menerangkan bahwa seluruh peserta Pimnas ke-36 diharapkan dapat berperan sebagai peserta undangan dalam acara Indonesia Talent Summit 2023 dan juga sebagai informan jajak pendapat.

Hasil jajak pendapat akan menjadi bahan Focus Group Discussion serta penyusunan policy brief. Kegiatan Focus Group Discussion nantinya akan melibatkan 1 perwakilan peserta Pimnas ke-36 beserta 1 perwakilan operator atau PKM Center.

“Nah yang paling fokusnya adalah nanti dari teman-teman peserta Pimnas akan mengisi kotak surat Indonesia Talent Summit 2023. Jadi kotak surat ini adalah ruang untuk menampung seluruh aspirasi dari keluh kesah dan harapan mengenai pengembangan talenta selama ini baik di perguruan tinggi maupun secara nasional gitu. Nantinya seluruh keluh kesah ini akan dipaparkan dan dianalisis kemudian diolah untuk menjadi bahan isu atau topik di acara Indonesia Talent Summit ini. Kotak surat ini dapat diisi oleh mahasiswa, dosen, operator perguruan tinggi yang terlibat dalam proses pembinaan PKM menuju Pimnas ini atau diluar hal tersebut,” jelasnya.

Seluruh peserta Pimnas ke-36 pun sudah dapat memberikan suaranya melalui kotak surat yang dapat diakses melalui link: bit.ly/KotakSuratITES2023 selama rentang waktu 16 – 20 November 2023. Terdapat sekitar 8 topik yang harus diisi peserta dengan estimasi waktu pengisian diperkirakan hanya 10 -15 menit sehingga hal ini tak boleh dilewatkan oleh para peserta Pimnas ke-36.

Di penghujung rangkaian Indonesia Talent Summit 2023 nantinya akan terdapat proses pembacaan hasil akhir diskusi yang dilanjut dengan penandatanganan komitmen serta penyerahan penghargaan dan kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. (art)*

Share this: