Perkuat Capaian Rekognisi Internasional, Fkep Unpad Gelar Alumni Gathering

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Prof. Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., PhD, menyampaikan paparan dalam Alumni Gathering dengan tema “Kolaborasi Bersama Alumni Fakultas Keperawatan Mencapai 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia” secara daring pada Kamis (9/11/2023).*

Laporan oleh Fajar Amali Kurniawan

[Kanal Media Unpad] Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Alumni Gathering  dengan tema “Kolaborasi Bersama Alumni Fakultas Keperawatan Mencapai 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia” secara daring pada Kamis (9/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri 455 alumni yang berasal dari angkatan pertama yaitu PSIK 1994 hingga PPN 44 yang baru saja melakukan wisuda beberapa hari sebelumnya. Para alumni Fkep Unpad telah sukses berkarir sebagai rektor, dekan, akademisi, praktisi di rumah sakit, management asuransi kesehatan, entrepreneur, manager perusahaan alat kesehatan, hingga menjadi ASN di dinas kesehatan dan kementerian kesehatan.

Alumni gathering ini merupakan program fakultas yang diselenggarakan untuk mendukung kampus dalam melaksanakan internasionalisasi dan pengembangan mutu pendidikan tinggi. Prof. Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., PhD selaku Dekan Fkep Unpad menjelaskan tentang rencana pengembangan dan optimalisasi sarana dan prasarana Fkep Unpad dalam mewujudkan Unpad menuju Hybrid University, capaian Fkep Unpad, Indikator Kinerja Universitas (IKU), Indikator Kinerja Utama (IKK), laporan pengembangan dan optimalisasi yang telah dilakukan. 

Pada kesempatan yang sama hadir pula Kepala Kantor Kemitraan Alumni Unpad Dr. Risna Resnawaty, M.P. Ia menyampaikan mengenai peran alumni dalam menjadikan Unpad masuk ke peringkat 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia, diantaranya melalui employer reputation yaitu berkaitan dengan kinerja lulusan Unpad.

Indikator ini dinilai dari hasil survei internasional berskala besar yang dilihat dari para pemberi kerja lulusan yang diminta untuk mengidentifikasi universitas yang mereka anggap menghasilkan lulusan dengan kualitas terbaik. Menurut Risna, Unpad mencanangkan internasionalisasi dan terus meningkatkan 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS dimana pada tahun 2023 Universitas Padjadjaran menduduki peringkat 761 dan pada tahun 2024 memiliki target untuk masuk dalam 500 World University Ranking. 

Dalam acara ini, selain mengenang perjalanan para alumni selama pendidikan di Fkep, juga dilakukan pengisian user survey dan tracer study yang dipandu oleh Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Hubungan Alumni Fkep Unpad Ida Maryati, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., PhD. Ia juga berharap agar Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran konsisten menjalin silaturahmi dan meningkatkan peran alumni dalam pengembangan fakultas.

Salah satu peserta alumni gathering, Okky Adelirandy yang saat ini menjadi  Koordinator Public Relation di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Padang memberikan kesannya.

“Acaranya hangat sekali, begitu juga dengan output nya juga jelas yaitu mendukung Unpad untuk mencapai 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia,” kata Okky. (rilis)*

Share this: