Fkep Unpad dan FK-KMK UGM Bahas Peluang Kerja Sama MBKM

Foto bersama pimpinan Fkep Unpad dan FK-KMK UGM di Dekanat Fkep Unpad, Jatinangor, Kamis (2/11/2023).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada, di Kampus Fkep Unpad, Jatinangor, Kamis (2/11/2023).

Kunjungan yang diterima secara resmi oleh Dekan Fkep Unpad Prof. Kusman Ibrahim, MNS., PhD, bersama sejumlah pimpinan di lingkungan Fkep. Pada kunjungan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FK-KMK UGM dr. Ahmad Hamim Sadewa, PhD, mengatakan bahwa kunjungan dilakukan salah satunya untuk meningkatan kualitas MBKM.

“MBKM menjadi perhatian kami karena pelaksanaan di FK – KMK UGM sangat unik dan berbeda dari fakultas-fakultas lainnya. Selain itu, kami wajib memenuhi target MBKM maka kami melakukan kunjungan ini dan semoga kami bisa mendapatkan sharing dan berdiskusi bersama Fkep Unpad sehingga kami dapat melaksanaan program MBKM dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Mengenai program MBKM, Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan Unpad Tuti Pahria, PhD, mengatakan bahwa pengelolaan program MBKM di Fkep Unpad sudah disesuaikan dengan skema yang dikeluarkan Kemendikbudristek, universitas, fakultas, prodi, hingga mitra.

“Sampai saat ini, kami sudah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan berbagai universitas dalam pelaksanaan program MBKM,” tuturnya.

Selain itu, pada studi banding tersebut dipaparkan tentang pengelolaan kemahasiswaan di Fkep Unpad. Di Unpad sendiri, ada empat aspek pembinaan kemahasiswaan di tingkat universitas dan fakultas, yaitu penalaran dan kreativitas, kaderisasi dan pengembangan diri serta kepimimpinan, minat dan bakat dan yang terakhir kesejahteraan mahasiswa.

Selanjutnya baik Fkep Unpad maupun FK – KMK UGM membahas dan berdiskusi terkait berbagai isu terkait pelaksanaan MBKM serta pengelolaan kemahasiswaan. Kedua fakultas saling berbagai pengalaman, berdiskusi dan memberikan saran untuk pengelolaan program MBKM dan kemahasiswaan di fakultasnya.

Diharapkan ke depannya, kedua fakultas dapat berkerja sama dan sering melakukan diskusi untuk perbaikan pelaksanaan program MBKM.  (rilis)*

Share this: