Masyarakat Jatigede Peroleh Edukasi Literasi Informasi dari Dosen Unpad

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Wina Erwina, PhD, memberikan edukasi literasi informasi kepada pelajar SMPN 1 Jatigede, Sumedang, Sabtu (28/10/2023).*

[Kanal Media Unpad] Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) untuk meningkatkan literasi informasi masyarakat di SMPN 1 Jatigede dan Perpustakaan Desa/Taman Bacaan Cijeungjing Suka Ceria, Jatigede, Sumedang, 28 Oktober 2023.

Kegiatan PPM di SMPN 1 Jatigede diselenggarakan dengan melaksanakan seminar literasi informasi dan praktek akses sumber daya informasi digital bagi pelajar.

Pada kegiatan ini, materi disampaikan oleh sejumlah dosen prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Unpad. Dra. Wina Erwina, MA., Ph.D., menyampaikan pentingnya literasi informasi bagi siswa sebagai kemampuan dasar dalam belajar mengajar, syarat menjadi masyarakat informasi, dan dalam proses pembelajaran sepanjang hayat. 

Dijelaskan Wina, terdapat lima kemampuan dasar literasi informasi dan media yaitu mendefinisikan informasi, mencari dan mengakses informasi, menilai informasi, mengatur informasi, dan menggunakan informasi secara etis.

Berikutnya, Drs. Prijana, M.Si., membahas terkait kemampuan baca atau reading skills. Dalam pemaparannya, ia menyampaikannya pentingnya melatih kecepatan baca untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan membaca. Hal tersebut karena membaca menjadi salah satu kemampuan dasar dalam belajar yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Nuning Kurniasih, S.Sos, M.Hum dalam kesempatan ini menyampaikan terkait perundungan siber yang dapat menimpa siswa yang aktif di media sosial. Ia mengimbau siswa untuk berhati-hati dan dapat menjaga informasi pribadi agar tidak disalahggunakan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Materi pada kegiatan ini ditutup dengan materi dari Andri Yanto, S.Sos, M.I.Kom tentang Perpustakaan Digital. Ia menunjukan berbagai perpustakaan digital yang dapat diakses oleh pelajar, seperti iPusnas.id dan BintangPusnas Edu dari Perpustakaan Nasional. Selain itu, ada iSumedang dari Pemerintah Sumedang dan Candil dari Pemerintah Jawa Barat.

Selama pemaparan, ia juga mempraktikan tata cara mengakses salah satu perpustakaan digital, yaitu Ipusnas dan memanfaatkan koleksi digital yang tersedia, seperti membaca dan meminjam buku digital.

Acara ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Kepala Sekolah, guru-guru SMPN 1 Jatigede, dan 50 orang Siswa/Siswa SMPN 1 Jatigede.

Sementara itu, kegiatan di Perpustakaan Desa/Taman Bacaan Cijeungjing Suka Ceria diselenggarakan dalam bentuk kegiatan Forum Group Disscusions (FDG) tentang Strategi Pengembangan Layanan Perpustakaan Desa/TBM, serta penyerahan hibah buku.

Kegiatan FGD turut dihadiri Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Bapak Hari Tri Santosa, AP., MM, Ketua Forum TBM Kabupaten Sumedang serta beberapa pengurus, pengurus Forum TBM Provinsi Jabar, Kepala Desa Cijeungjing, pengelola Perpustakaan Desa/Taman Bacaan Cijeungjing Suka Ceria, dan masyarakat pengguna perpustakaan.

Pada sesi FGD, dibahas mengenai potensi besar berkembangnya Perpustakaan Desa/TBM tersebut ke depannya. Hal ini karena pengguna yang didominasi oleh anak-anak cukup banyak dan sangat aktif mengunjungi Perpustakaan Desa/TBM. 

Kegiatan PPM ini diakhiri dengan penyerahan bantuan koleksi buku yang secara simbolis diberikan oleh perwakilan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang kepada Pengelola Perpustakaan Desa/Taman Bacaan Cijeungjing Suka Ceria.

Ketua Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si., berharap sosialisasi literasi informasi dan penyerahan buku pada taman baca masyarakat dapat meningkatkan literasi informasi masyarakat melalui ketersediaan koleksi pustaka yang mudah di akses.

Adanya tambahan koleksi buku tersebut juga diharapkan anak-anak dan pengguna Perpustakaan Desa/TBM pada umumnya semakin tertarik untuk memperoleh ilmu dan wawasan pengetahuan serta dapat menerapkannya untuk membangun kualitas hidup mereka sebagai warga desa yang literat dan berbudaya gemar baca.

Kegiatan penyerahan buku ini juga terselenggara atas bantuan Perpustakaan Nasional. Selain itu, turut didukung oleh UMKM Dinarnia, Giok Apparel, dan PT. ISSAM. (rilis)*

Share this: