Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti bersama Rektor Universitas islam Negeri Sumatera Utara Prof. Nurhayati menandatangani dokumen Nota Kesepahaman di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (27/10/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) terkait implementaasi tridarma perguruan tinggi. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang digelar di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (27/10/2023).

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Rektor UINSU Prof. Nurhayati. Acara tersebut dihadiri sejumlah pimpinan UINSU. Sementara dari Unpad hadir Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Prof. Isis Ikhwansyah.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, Unpad sangat terbuka untuk melakukan kerja sama tridarma dengan UINSU. Dalam upaya mengejar peringkat 500 perguruan tinggi terbaik dunia, kolaborasi khususnya di bidang pendidikan, riset, dan publikasi sangat diperlukan.

“MoU ini setelah ditandatangani mari diisi dengan berbagai kegiatan kerja sama,” kata Rektor.

Rektor melanjutkan, salah satu peluang kolaborasi adalah pengembangan iptek halal. Unpad sendiri berkomitmen mengembangkan iptek halal yang pada akhirnya akan mendukung kemajuan industri halal.

Dalam mendukung pengembangan tersebut, Unpad sendiri telah memiliki sejumlah fasilitas. Salah satunya ialah Laboratorium Sentral. Lab Sentral tersebut, kata Rektor, telah menjadi fasilitas pelatihan bagi periset asal negara OKI untuk pengembangan bioteknologi vaksin. Adanya fasilitas ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan riset berskala internasional.

“Kami persilakan apa yang menjadi ketertarikan oleh UINSU. Kami terbuka dan mudah-mudahan (pelatihan) ini bisa sama-sama menebar manfaat bagi masyarakat,” ujar Rektor.

Sementara itu, Prof. Nurhayati mengatakan, sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Unpad menjadi salah satu rujukan bagi UINSU untuk melakukan kerja sama tridarma. 

Berbagai rencana kerja sama yang akan dilakukan seperti riset bersama, penyelenggaraan program MBKM, hingga pengiriman staf Unpad untuk menjadi narasumber di UINSU. 

Prof. Nurhayati pun berkomitmen bahwa kerja sama ini akan berlanjut melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. “Jadi ketika payung hukumnya sudah ada, fakultas kami akan bekerja sama dengan fakultas yang ada di Unpad,” ujarnya.*

Share this: