Sebanyak 20 Dosen Unpad Lolos Seleksi Program SAME Dikti

[Unpad.ac.id, 7/06/2013] Kabar gembira datang dari seleksi Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) 2013 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Unpad menjadi perguruan tinggi dengan peserta program SAME terbanyak di Indonesia. Adapun jumlah dosen yang lolos sebanyak 20 orang, dengan 2 orang dosen yang memiliki hasil High Recomended, yaitu Dr. Antar Venus, Drs., MA., (Fikom), dan Susi Machdalena, PhD. (FIB).

Logo Unpad *

Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., pun mengapresiasi hasil tersebut. Menurutnya, banyaknya dosen yang ikut tersebut berangkat dari keprihatinan menurunnya jumlah  dosen Unpad yang mengikuti program SAME sejak tahun 2009 – 2012.

“Dari 20 orang yang ikut program SAME tahun 2009, jumlahnya terus menurun dan puncaknya pada tahun 2012 lalu, jumlah dosen yang ikut hanya 2 orang saja. Ini disebabkan kita hanya memberikan informasi biasa dan menyerahkan semuanya kepada dosen,” ujar Dr. Setiawan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (5/06).

Berangkat dari kondisi tersebut, beberapa upaya dilakukan untuk meningkatkan jumlah dosen tersbeut. Seiring dengan pedoman program SAME pada tahun 2013 yang mengindikasikan perencanaan pemanfaatan kerja sama antar lembaga, maka informasi program tersebut tidak lagi bersifat individual, namun sudah menjadi bagian dari institusional. Maka, upaya sistematis pun dilakukan oleh Unpad.

Hal pertama yang dilakukan ialah membentuk tim reviewer untuk dosen yang akan mengikuti program SAME pada Januari 2013 lalu. “Kebetulan kita punya 2 orang tim reviewer di Dikti, yaitu Prof. Ir. Tarkus Suganda, M.Sc., Ph.D., dan Ir. Dedi Ruswandi,  M.Sc., Ph.D., sehingga kita dapat support yang banyak dari beliau,” ungkap Dr. Setiawan.

Lebih lanjut Dr. Setiawan mengungkapkan, melalui 2 tim reviewer tersebut, sosialisasi internal pun dilakukan bahkan sebelum pengumuman SAME dibuka. “Begitu pengumuman program SAME dibuka, kita sudah sosialisasikannya ke fakultas-fakultas dibantu dengan 2 orang dosen yang ikut program SAME tahun 2012,” tambahnya.

Sosialisasi tersebut berisi tentang sharing program SAME dan tips bagaimana untuk bisa lolos saat seleksi program SAME. Di samping itu, sosialisasi tersebut juga menekankan pentingnya program SAME tersebut untuk menciptakan peluang kerjasama antara Unpad dengan universitas lain di dunia.

“Alhamdulillah, dengan sosialisasi tersebut, sebanyak 32 dosen dari 11 fakultas mengikuti seleksi program SAME. Sebanyak 26 lolos ke tahap wawancara dan terjaring lagi menjadi 20 dosen. Jumlah tersebut merupakan sepertiganya dari jumlah dosen yang mendapat dana program  SAME seluruh Indonesia, yakni sekitar 61 dosen,” kata Dr. Setiawan.

Dr. Setiawan pun berharap, 20 dosen Unpad tersebut diharapkan mampu menjadi inisiator kerjasama antara Unpad dengan universitas tujuannya, khususnya dalam bidang kerjasama riset. “Kita juga akan monitoring 20 dosen tersebut untuk mampu menjaring lagi lebih banyak dosen yang ikut program SAME tahun depan. Target tahun depan 30,” kata Dr, Setiawan.

Adapun nama-nama dosen Unpad yang mengikuti program SAME tahun 2013 adalah:

– Susi Machdalena, Ph.D., (FIB)
– Dr. Antar Venus, drs., M.A., (Fikom)
– Dr. Ypsi Soeria Soemanri, M.Hum., (FIB)
– Aquarini Priyatna, Ph.D., (FIB)
– Dr. Lia Maulia Indrayani, M.Hum., (FIB)
– Dr. Tintin Nurhayati Ma’mun, M.S., (FIB)
– Dr. Suwandi Sumartias, M.Si., (Fikom)
– Dr. Nuryah Asri Sjafirah, M.Si. (Fikom)
– Dr. Jutti Levita, M.Si., Apt. (Farmasi)
– Ir. Mega Fatimah Rosana, Ph.D (FTG)
– Urip Purwono, Ph.D (Psikologi)
– Prof. Dr. Toto Subroto (FMIPA)
– Septoadi Padmadisastra, Ph.D. (FMIPA)
– Dr. Fitriawan (FMIPA)
– Dr. Setiawan Hadi (FMIPA)
– Prof. Dr. Anas Subarna, M.Sc. (Farmasi)
– Prof. Dr. Ina Primiana (FEB)
– Dr. Yuli Andriani, M.P. (FPIK)
-Dr. Selly Riawanti, M.A. (FISIP)
– Dr. Budiawati Supangkat, M.A. (FISIP)

Laporan oleh: Maulana / eh *

 

Share this: