Lansia dan Pralansia Kota Bandung Ikuti Pemeriksaan Gigi dan Mulut Gratis di RSGM Unpad

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Universitas Padjadjaran Prof. Yanyan M. Yani, M.AIR, PhD, bersama Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg., SpKG(K), melihat aktivitas pemeriksaan gigi dan mulut kepada peserta kegiatan "Unpad Berbagi Smart Lansia" di komplek RSGM FKG Unpad, Bandung, Selasa (22/8/2023). (Foto: Arif Maulana)*

[Kanal Media Unpad] Memperingati Dies Natalis ke-66, Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan “Unpad Berbagi Smart Lansia” yang digelar di komplek Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Bandung, Selasa (22/8/2023).

Ketua pelaksana Smart Lansia FKG Unpad Dr. Anne Agustina, drg., M.Kes., mengatakan, Unpad Berbagi Smart Lansia terdiri dari tiga rangkaian kegiatan. Pertama, yaitu kegiatan pre-event berupa siniar (podcast) mengenai kesehatan gigi dan mulut, Selasa (8/8/2023) lalu. Kegiatan yang menghadirkan narasumber dosen FKG Unpad ini bertujuan mengedukasi pralansia dan lansia mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Saat menyampaikan laporan dalam acara pembukaan Unpad Berbagi Smart Lansia di Auditorium Gedung Dekanat FKG Unpad Anne menyampaikan, kegiatan kedua berupa layanan konsultasi daring kesehatan gigi dan mulut secara gratis melalui layanan teledentistry yang difasilitasi RSGM Unpad, Jumat (11/8/2023).

“Acara ini terselenggara atas kolaborasi lima fakultas di Unpad, yaitu FK, FKG, Farmasi, Fkep, dan Fapsi,” kata Anne.

Kegiatan ketiga merupakan puncak acara Unpad Berbagi Smart Lansia, berupa pemeriksaan gigi dan mulut gratis, pemeriksaan gula darah, hingga pemeriksaan tensi. Pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan tensi dilakukan oleh tim Fakultas Keperawatan Unpad dengan rincian tujuh dosen, dua Pranata Laboratorium Pendidikan, dan dua mahasiswa.

Kegiatan yang digelar secara luring di kompleks RSGM Unpad ini menargetkan peserta sebanyak 150 orang dari kelompok lansia dan pralansia.

Sebelumnya, tim juga berkesempatan melakukan edukasi dan pemeriksaan gigi dan mulut ke tiga Panti Wreda di Kota Bandung. Total lansia yang mendapatkan layanan pemeriksaan gigi dan mulut di tiga panti tersebut sebanyak 112 orang.

Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg., Sp.KG(K), mengatakan, tahun ini Unpad menyasar melakukan pemeriksaan gigi dan mulut untuk kelompok lansia. Menurutnya, kelompok ini dinilai sangat membutuhkan layanan pemeriksaan gigi dan mulut. Hal ini terlihat dari antusiasme para lansia di panti wreda saat tim Unpad melaksanakan kegiatan di sana.

“Pada waktu kita ke sana, tanggapannya luar biasa. Mereka sangat senang, karena untuk pemeriksaan gigi, mereka sangat membutuhkan,” kata Dudi.

Dengan gabungan dua kegiatan tersebut, diharapkan target 250 peserta lansia dan pralansia yang melakukan pemeriksaan gigi dan mulut dalam tercapai melalui program Unpad Berbagi Smart Lansia tersebut.

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, M.AIR., PhD, mengapresiasi terlaksananya program Unpad Berbagi Smart Lansia tersebut. 

Menurutnya, Unpad Berbagi ini tidak hanya berhenti di aspek pemeriksaan gigi dan mulut untuk lansia dan pralansia saja. Sebagai salah satu kegiatan Dies Natalis ke-66 Unpad, kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan pemeriksaan mata gratis pada 29 Agustus 2023, donor darah serta Unpad Berbagi bersama teman disabilitas. 

“Kita harapkan kegiatan ini berkesinambungan. Kita perlu ada inovasi yang menjadikan RSGM Unpad ini menjadi suatu layanan usaha yang memunculkan kebahagiaan bagi masyarakat,” kata Prof. Yanyan.

Acara pembukaan ini juga dihadiri Dekan Fakultas Keperawatan Unpad Prof. Kusman Ibrahmin, M.NS., PhD, dan Direktur Utama RSGM Unpad Dr. Kosterman Usri, drg.*

Share this: