Tim KKNM Unpad Tingkatkan Pengetahuan Pengasuhan Anak Remaja kepada Para Ibu

Tim KKNM Universitas Padjadjaran di Desa Desa Cipacing RW 03, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, menggelar pelatihan pola pengasuhan anak remaja dengan sasaran peserta para ibu, 29 Juli 2023 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Tim KKNM Universitas Padjadjaran dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M.Si., di Desa Cipacing RW 03, Jatinangor, Kabupaten Sumedang menggelar pelatihan mengenai pola pengasuhan anak remaja dengan sasaran peserta para ibu. Pelatihan digelar di Madrasah Thosin, Cipacing, 29 Juli 2023 lalu.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, sebelum memberikan pelatihan, tim melakukan wawancara dan analisis mengenai masalah pola pengasuhan anak remaja di wilayah tersebut. Dari analisis tersebut, ditemukan beberapa masalah utama yang berpengaruh ke dalam pola pengasuha anak remaja, yaitu pengaruh dari perkembangan teknologi, perubahan emosional karena hormon, serta pergaulan yang terjadi di desa Cipacing RW 03. 

Di masa remaja ini, anak rentan sekali terpengaruhi oleh lingkungannya, terutama pergaulan dengan teman sebaya di sekitarnya serta peran dan kasih sayang orang tua dalam masa ini ternyata masih diperlukan dalam membimbing anaknya melewati masa peralihan ke masa dewasa.

Permasalahan pengasuhan anak remaja dapat terjadi karena komunikasi yang terhambat antara anak dan orang tua. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan pemahaman antara keduanya. Oleh karena itu orang tua harus dapat menyesuaikan cara pendekatan yang positif kepada anak dan pengasuhan yang sesuai dengan membuka komunikasi yang baik.

Untuk menjawab permasalahan diatas tim bersama dengan Fitri Ariyanti Abidin memberikan pelatihan berupa teori dan praktik dari sisi psikologi mengenai karakteristik anak remaja dan menghadapi tantangan dalam mengasuh anak remaja.

Dalam pelatihan tersebut, Fitri melakukan diskusi interaktif dan memberikan Pre-Test dan Post-Test kepada ibu-ibu yang mengikuti pelatihan sebagai cara untuk mengukur perubahan pemahaman mengenai remaja dan pengasuhan anak remaja.

Dari pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam kepada ibu-ibu di Desa Cipacing RW 03 tentang pentingnya pendampingan dalam mengasuh dan memberikan arahan kepada anak remaja. (rilis)*

Share this: