FTG Unpad Jajaki Kerja Sama Akademik dengan Chinese Academy of Sciences

Suasana pertemuan pimpinan dan dosen FTG Unpad dengan perwakilan Institute of Geochemistry, Chinese Academy of Sciences, (IGCAS) Tiongkok, Jumat (28/7/2023).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Institute of Geochemistry, Chinese Academy of Sciences, (IGCAS) Tiongkok, di Ruang Kolokium Gedung Dekanat Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Jumat (28/7/2023).

Delegasi dari IGCAS dipimpin oleh Prof. Zhengwei Zhang dan Prof. Mei Fu Zhou. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Dalam kesempatan ini Prof. Mei Fu Zhou menyampaikan tujuan kedatangannya adalah untuk penjajakan kerja sama. IGCAS tertarik menjalin kolaborasi dengan Indonesia yang memiliki banyak geologis andal dan memiliki hasil riset di bidang gelogi yang luar biasa.

Prof. Me Fu Zhou juga memamparkan tentang Chinese Academy of Sciences yang telah berdiri sejak tahun 1966, dan memegang peranan penting dalam “China’s National Innovation System”.

Terdapat lima peran yang dijalankan oleh Chinese Academy of Sciences yaitu sebagai super university : tempat yang mencetak scienists, engineers dan innovators; sebagai pioneer dalam reformasi sistem Research and Development di China ; a Tink Tank : advicing untuk pemerintah dalam hal Sains dan Teknologi; an engine: membawa Tiongkok menjadi innovative Society.

Dr. Ir. Dicky Muslim, M.Sc. sebagai Kepala Unit Internasional FTG Unpad menyambut baik kedatangan delegasi dari IGCAS, dan berharap hasil dari penjajakan ini adalah terjalinnya kerja sama akademik, riset, publikasi, joint supervisor, dan juga kegiatan pertukaran dosen dengan FTG Unpad.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh para kepala laboratorium, kepala pusat studi dan para dosen FTG Unpad yang sedang studi lanjut, Prof. Me Fu Zhou mengapresiasi salah satu dosen FTG Unpad yang akan melanjutkan studi doktor di Tiongkok. Pihak IGCAS juga mengajak dosen dan peneliti Pusat Studi Geologi Lingkungan dan Geoteknik FTG Unpad untuk bergabung melakukan riset di Danau Toba. (rilis/marlina)*

Share this: