Fkep Unpad dan UPOU Filipina Jajaki Potensi Kerja Sama

Kunjungan pihak University of the Philippines Open University (UPOU) ke Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, 13 - 15 Juni 2023.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Anggi Kusuma Putri

Kanal Media Unpad] Dalam mendukung rencana strategis Unpad menjadi universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat, Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran terus membuka peluang kerja sama dengan universitas terkemuka di luar negeri.

Pada 13-15 Juni 2023 lalu, Fakultas Keperawatan Unpad mendapatkan kunjungan tim dosen dan mahasiswa dari University of the Philippines Open University (UPOU). Kunjungan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Keperawatan Prof. Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., Ph.D beserta seluruh jajaran di Kampus Fkep Unpad Jatinangor.

Pada hari pertama kunjungan, diselenggarakan International Research Forum dengan topik “Creating International Collaborative Elearning Spaces in Health Education” yang melibatkan dosen serta mahasiswa dari kedua institusi.

Menurut Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Keperawatan Unpad Raini Diah Susanti, S.Kp.,MNg., Ph.D sebanyak dua puluh mahasiwa UPOU dan Fakultas Keperawatan Unpad mempresentasikan penelitian serta berdiskusi untuk mempublikasikan penelitian bersama.

Dalam acara tersebut, dosen Fakultas Keperawatan Unpad Hana Rizmadewi Agustina, Ph.D terpilih sebagai Best Oral Presenter.

Kemudian pada hari kedua diselenggarakan Hybrid International Lectures dengan topik Children with Spesial Needs dan Gender to Achieve Nursing Competencies yang disampaikan oleh Dr. Myra D. Oruga dan Prof. Ria Valerie D. Cabanes dari UPOU.

Selanjutnya, pada hari ketiga dilakukan Round Table Discussion untuk menjajaki kerja sama lanjutan yang dapat dilakukan oleh kedua institusi, antara lain join teaching bagi graduate atau undergraduate untuk spesifik nursing course, join research, dan penulisan artikel ilmiah.

Selain itu, kolaborasi juga akan dilakukan terkait Palliative Care mengingat kedua institusi memiliki program unggulan Palliative Care.

Dekan Fakultas Keperawatan Unpad pun berharap kerja sama dengan UPOU akan terus berlangsung dan memberikan manfaat yang luas untuk banyak pihak. (rilis)*

Share this: