Sampaikan Kuliah Umum di Unpad, Yusuke Shindo Promosikan Kebudayaan Jepang

Yusuke Shindo (tengah) saat mengisi kuliah umum bertema "Kebudayaan Jepang" di Bale Santika Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 29/05/2013] Siapa yang tidak kenal dengan Jepang? Siapa juga yang tidak ingin pergi ke sana? Negara yang maju dalam bidang industri dan teknologi serta budayanya yang unik ini selalu menjadi impian bagi para orang untuk ke sana, termasuk mahasiswa di Unpad.

Yusuke Shindo (tengah) saat mengisi kuliah umum bertema “Kebudayaan Jepang” di Bale Santika Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

Dea, mahasiswi prodi Sastra Jepang FIB Unpad merupakan salah satu yang memiliki impian tersebut. “Aku ingin sekali pergi ke Jepang, melihat bunga Sakura dan kebudayaannya,” ujar Dea yang mengaku memiliki impian tersebut sejak kecil.

Untuk memfasilitasi impian itu, Unpad mengundang Yusuke Shindo, Minister Informasi dan Kebudayaan Keduataan Besar Jepang di Indonesia, untuk memberikan kuliah umum bertema “Kebudayaan Jepang”, Rabu (29/05) di Bale Sawala Kampus Unpad Jatinangor. Dengan presentasi yang ramah dan jenaka, Yusuke pun mampu “menghipnotis” mahasiswa Unpad dengan mempertontonkan segala hal yang berbau Jepang.

Bukan hanya itu, Yusuke pun juga mempresentasikan mengenai sejarah negara Jepang. Negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia sejak tahun 1958 ini nyatanya memiliki luas sekitar 377.915 kilometer persegi, 30 kali lebih kecil dari luas Indonesia. Namun, negara ini merupakan negara investor terbesar kedua di Indonesia, setelah Singapura.

“Dalam segi geografis, Jepang merupakan negara dengan 4 musim, yakni Musim Semi, Panas, Gugur, dan Dingin,” ujar Yusuke sambil memperlihatkan gambar kondisi empat musim yang langsung disambut meriah oleh peserta.

Belum selesai kemeriahan tersebut, Yusuke pun kembali menyuguhkan sederat kemegahan di negara Jepang, mulai dari moda transportasi, tradisi dan budaya, hingga yang sangat populer di Indonesia, anime. Bukan hanya pemaparan, peserta pun diperlihatkan video langsung mengenai kemegahan tersebut.

Staf Khusus Bidang Kerjasama Wakil Rektor III Unpad, Handarto, S.TP., M.Agr., Ph.D., mengungkapkan, kuliah umum tersebut sengaja digelar untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai negara Jepang. “Selain kuliah umum, kita juga mengadakan diskusi langsung dengan Yusuke agar informasi yang disampaikan menjadi lebih jelas,” ungkapnya.

Yusuke pun mengapresiasi kuliah umum tersebut. “Ini adalah pertama kalinya saya berkunjung ke Bandung dan merupakan kebanggaan terbesar bagi saya untuk bisa mengisi kuliah umum di Unpad,” ujar Yusuke.*

Laporan oleh: Maulana / eh *

Share this: