Magister Keperawatan Unpad Gelar Webinar Peningkatan Kompetensi Perawat

keperawatan unpad
Suasana Webinar “Patient Safety & Quality Improvement in Healthcare in Digital Era” 29 April 2023 lalu.*

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Progam Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Webinar “Patient Safety & Quality Improvement in Healthcare in Digital Era”, 29 April 2023 lalu.

“Tujuan dari webinar ini diharapkan semua peserta dapat memperoleh wawasan dan penguatan terhadap konsep dan konteks terkait peningkatan mutu dan keselamatan pasien serta pengembangan sistem informasi di era digital,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Webinar Wartini, S.Kep, Ners., dalam sambutannya.

Diungkapkan Wartini, webinar ini diselenggarakan dalam rangka kegiatan pembelajaran mahasiswa Magister Keperawatan peminatan Manajemen Keperawatan.

“Materi atau paparan yang disampaikan oleh para narasumber adalah suatu bentuk penguatan pembelajaran dalam mata kuliah manajemen strategi,” ungkapnya.

Menurut Wartini, perawat harus memahami dan mampu mengembangkan sistem informasi di pelayanan kesehatan untuk memenuhi tuntutan masyarakat dalam pelaynnan kesehatan yang berkualitas.

“Kemampuan seorang perawat dalam upaya implementasi untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien serta mengembangkan sistem informasi merupakan hal yang perlu dieksplorasi dan dibahas dengan menghadirkan akademisi dan praktisi keperawatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Wartini berharap, para klinisi keperawatan dapat mengambil pelajaran dari berbagai pengalaman narasumber dari implementasi di lapangan.

Hadir sebagai narasumber, yaitu Praktisi Konsultan Manajemen Keperawatan Dr. F. Sri Susilaningsih, MN. dengan materi “Patient Safety Current Issues & Updates” dan Guru Besar FIK UI Prof. Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, SKp., MARS., FISQua dengan materi “Developing Digital Patient Safety Model in Health Care Post Covid-19”, dan Dosen Fkep Unpad Dr. Ati Surya Mediawati, SKp., M.Kep dengan materi “Roles of Nursing in Quality Improvement in Healthcare during Transition Era”.

Peserta webinar yang hadir berasal dari tatanan pelayanan klinis dan akademisi dengan jumlah pendaftar 196 orang di ruang Zoom.

Ketua Program Studi Magister Keperawatan Fkep Unpad Cecep Eli Kosasih, S.Kp.,MNS.,PhD penyelenggaraan seminar ini rutin diselenggarakan sebagai bagian pembelajaran pada peminatan Manajemen Keperawatan dan diharapkan dapat terus berlanjut.

“Memang ini merupakan suatu kegiatan yang rutin dan kegiatan ini merupakan satu kegiatan yang memberikan pelajaran atau memberikan pengajaran kepada mahasiswa juga memberikan manfaat buat masyarakat khususnya praktisi-praktisi yang ada di rumah sakit juga mahasiswa yang ada di Indonesia,” ujar Cecep.

Webinar dibuka secara resmi oleh Dkean Fkep Unpad Prof. Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., Ph.D. Menurut Prof. Kusman, tema webinar ini sangat relevan dengan perkembangan saat ini. Perawat perlu berkontribusi dalam pengambilan kebijakan terkait pelayaan kesehatan di era digital. Selain itu, perawat juga perlu berkontribusi dalam menghasilkan inovasi.

Kegiatan ini pun diharapkan dapat melahirkan inovasi dan karya nyata yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Mahasiswa Magister Keperawatan ini sudah level yang memang diharapkan untuk melahirkan inovasi dari hasil kajian riset ataupun telaahan terhadap permasalahan dan kebutuhan sehingga bisa memberikan solusi atau pencerahan,” ujar Prof. Kusman. (arm)*

Share this: