Perawat Berperan Penting dalam Pengelolaan Kebencanaan

fkep unpad
Dosen Fakultas Keperawatan Unpad Cecep Eli Kosasih, S.Kp.,MNS., PhD., menyampaikan orasi ilmiah dalam puncak peringatan Dies Natalis ke-29 Fkep Unpad di Kampus Fkep Unpad, Jatinangor, Rabu (1/1/2023).*

[Kanal Media Unpad] Dosen Fakultas Keperawatan Unpad Cecep Eli Kosasih, S.Kp.,MNS., PhD., mengatakan bahwa tenaga perawat memiliki peran penting dalam pengelolaan bencana, yaitu untuk mengurangi dampak bencana sekaligus meningkatkan kualitas hidup penyintas.

Hal tersebut disebabkan perawat merupakan tenaga kesehatan yang memiliki jumlah terbesar untuk terjun menjadi relawan saat terjadi bencana.

“Keperawatan memiliki potensi yang luar biasa dalam penanganan bencana karena proporsinya cukup besar. Apabila ini dioptimalkan maka penanganan bencana akan lebih efektif,” kata Cecep saat membacakan Orasi Ilmiah dalam puncak peringatan Dies Natalis ke-29 Fkep Unpad di kampus Fkep Unpad, Jatinangor, Rabu (1/1/2023).

Cecep mengatakan, optimalisasi peran perawat diperlukan dengan adanya perencanaan yang baik dalam menghadapi kebencanaan, terutama pada pra-bencana. Organisasi perawat pun perlu mempersiapkan berbagai hal, termasuk konsolidasi tenaga perawat dan strategi dalam menghadapi kondisi bencana.

“Perlunya mengoptimalisasi semua badan kelengkapan PPNI dalam menghadapi bencana termasuk mitigasi bencana,” tambahnya.

Selain itu, Cecep menjelaskan bahwa optimalisasi peran perawat membutuhkan kerja sama antar lembaga pemerintah yang terkait dengan penanganan bencana. Dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah, dalam upaya perawat menanggulangi bencana juga diperlukan.

Pelatihan atau pembekalan kepada perawat dalam kesiapsiagaan bencana menurut Cecep penting dilakukan. Perawat dapat diberikan kesempatan untuk mengelola sumber daya sebelum bencana, saat bencana, dan pasca bencana.

“Semoga Dies yang ke-29 Fakultas Keperawatan menjadi pengingat bahwa kebencanaan ada di sekitar kita dan kita harus siap menghadapinya dengan segala upaya yang bisa kita usahakan dan kita rencanakan,” kata Cecep.

Dies Natalis Fkep Unpad

Peringatan Dies Fkep Unpad tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D.

“Pada kesempatan ini saya atas nama Universitas Padjadjaran dan keluarga besar Universitas Padjadjaran mengucapkan selamat Dies Natalis ke-29. Semoga terus berperstasi untuk ke depan, maslahat, berdampak pada masyarakat,” ucap Prof. Yanyan.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fkep Unpad Prof. Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS. Ph.D mengatakan bahwa saat ini pendidikan keperawatan terus bertransformasi untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan zaman.

“Fakultas Keperawatan terus berusaha menata dan mengembangkan berbagai program transformasi menuju fakultas yang bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat,” kata Prof. Kusman. (arm)*

Share this: