TGB Ajak Mahasiswa Majukan Bangsa Lewat Berkarier di Industri Media

Komisaris Independen PT. Media Citra Nusantara (MNCN) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi memberikan sambutan dalam acara “iNews Goes to Bandung: Introduction to Media and Explore the Career Opportunity” yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (19/1/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Rizky Firmansyah

[Kanal Media Unpad] Komisaris Independen PT. Media Citra Nusantara (MNCN) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi mengatakan, media turut berperan dalam memajukan bangsa. Hal ini didasarkan atas fungsi media dalam menghadirkan informasi yang aktual dan faktual di masyarakat.

Demikian disampaikan TGB saat membuka kegiatan “iNews Goes to Bandung: Introduction to Media and Explore the Career Opportunity” yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (19/1/2023).

TGB menyampaikan, media yang baik pasti akan berkontribusi memajukan bangsa. Jika jurnalisme di suatu negara tidak berkualitas, dikhawatirkan akan melahirkan ketidakpercayaan (distrust), baik di individu maupun di masyarakat.

“Bahkan dalam agama Islam disebutkan, bahwa komunikasi yang baik ternyata memengaruhi kondusivitas suatu masyarakat. Kalau jurnalismenya tidak berkualitas, itu pasti akan melahirkan distrust. Orang akan kehilangan hal-hal baik dalam kehidupan sosial,” ujarnya.

Di hadapan mahasiswa, TGB menegaskan bahwa media saat ini menjadi satu kesempatan besar dalam memberikan kontribusi bagi bangsa. Bekerja di industri media tidak hanya membangun kapabilitas individual, tetapi juga bisa membangun kapabilitas kolektif.

“Saya yakin kalau generasi zillenial mau masuk ke media, berkarier di media, dan bawa nilai kebenaran, Insyaallah media kita akan makin baik,” kata TGB.

Kolaborasi Unpad-iNews

Acara ini terselenggara atas kerja sama Pusat Pengembangan Karier Unpad dengan iNews. Acara ini diisi dengan talkshow, penandatanganan kerja sama, pembukaan program magang MBKM, serta rekrutmen untuk para alumni Unpad.

“Kami MNC sangat senang bisa berkolaborasi dengan Universitas Padjadjaran,” ungkap TGB.

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D., mengatakan, kolaborasi Unpad-iNews ini mewadahi minat mahasiswa untuk berkarier di dunia media. Apalagi beberapa program studi Unpad, sangat berkorelasi dengan industri media modern.

“Insyaallah kita mendapatkan pencerahan dari para profesional”, ujar Prof. Yanyan.

Komitmen kolaborasi tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Tridarma Perguruan Tinggi Program MBKM oleh Rektor Unpad yang diwakili Prof. Yanyan dengan COO PT. MNC Media Baru (BuddyKu) Prabu Revolusi yang diwakili Secretary News MNC Media Dian Mirza didampingi oleh Business Development and Partnership Manager BuddyKu Aldi Hawari.

Acara inti dilanjutkan dengan pemaparan tiga materi dari tiga narasumber, yaitu “How I Met My Passion” oleh Abraham Silaban, “Introduction to Media and Explore the Career Opportunity”oleh Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, serta “Unlocking Your Communication Skills” oleh Aiman Witjaksono.

Peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa Unpad menyambut baik topik-topik yang disampaikan. Terlebih dua dari ketiga narasumber, yakni Dr. Ferry dan Abraham merupakan alumni Unpad.

Menutup acara, para peserta diperkenankan mengikuti iNews campus hiring melalui open vacancy dan walk-in interview untuk posisi reporter, editor and motion graphics, video journalist, creative production, dan marketing off air.

“Kami dari iNews MNC sangat senang apabila ada talenta dari Unpad,” TGB. (arm)*

Share this: