Mahasiswa OKK Unpad Kenalkan Metode Montessori kepada Orang Tua Balita

Mahasiswa OKK Kelompok 187 Universitas Padjadjaran mengenalkan metode Montessori kepada orang tua balita RW 5 Desa Cikeruh di Bumi Desa Cikeruh, Jatinangor, Minggu (27/11/2022).*

[Kanal Media Unpad] Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran  yang tergabung dalam Kelompok OKK 187 menggelar aksi sosial berupa pengenalan “Montessori” kepada warga RW 5 Desa Cikeruh di Bumi Desa Cikeruh, Jatinangor, Minggu (27/11/2022).

Kegiatan yang dilakukan dengan bimingan dosen Ryan Hara Permana, S.Kep., Ns., MN, ini diikuti oleh sejumlah orang tua dari anak yang berusia 2-4 tahun.

“Aksi sosial ini dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian kami terhadap tingkat kesadaran dan pengetahuan akan stimulasi tumbuh kembang dalam kegiatan pembelajaran anak yang masih kurang. Pada kasus lain, orang tua seringkali menganggap bermain sebagai kegiatan yang tidak penting untuk dilakukan oleh anak. Dengan memperkenalkan sesi bermain berbasis metode Montessori di sini, diharapkan bisa membantu persoalan-persoalan itu,” ujar perwakilan mahasiswa OKK Clarissa usai membuka acara.

Lewat kegiatan ini, mahasiswa OKK Kelompok 187 Unpad memperkenalkan metode efektif Montessori sebagai penunjang aktivitas pembelajaran sekaligus menyadarkan masyarakat bahwa kurikulum Montessori penting untuk diterapkan demi merangsang perkembangan anak baik dalam hal psikologi maupun fisiknya.

Aksi sosial ini memiliki keunikan tersendiri karena menghadirkan solusi inovatif untuk menjawab permasalahan yang ada dengan membahas kurikulum Montessori yang jarang diketahui oleh masyarakat desa. Program ini juga disertai pengukuran tingkat kesadaran partisipan untuk mengikuti aksi sosial dengan terpenuhinya ketiga unsur yaitu: mau, tahu, dan mampu.

Adapun pihak yang turut berperan dalam pelaksanaan aksi sosial yaitu Taman Ibu Montessori School beserta perangkat Desa Cikeruh setempat. Tidak sedikit mahasiswa OKK Kelompok 187 Unpad yang berkomitmen untuk mengembangkan dan melanjutkan kegiatan “Stimulasi Tumbuh Kembang Anak dengan Sesi Bermain Berbasis Metode Montessori” bersama Temanibu.id di lain kesempatan. (rilis)*

Share this: