Sekolah Pascasarjana Unpad Gelar Workshop Penggunaan Aplikasi untuk Analisis Protein

analisis protein
Peserta melihat demonstrasi dari aplikasi untuk analisis protein dalam Workshop dan Demonstrasi aplikasi metode SDS-Page and E-Devices for Western Blot di Ruang Kuliah Hybrid Lantai 2, Gedung Sekolah Pascasarjana Unpad, Bandung, Kamis (13/10/2022).

[Kanal Media Unpad] Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan PT. Genetika Science Indonesia menggelar Workshop dan Demonstrasi aplikasi metode SDS-Page and E-Devices for Western Blot di Ruang Kuliah Hybrid Lantai 2, Gedung Sekolah Pascasarjana Unpad, Bandung, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini diikuti 20 peserta luring dan 17 peserta daring. Peserta tidak hanya dari kalangan dosen dan mahasiswa Unpad, tetapi juga dari berbagai institusi lain, seperti Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Ahmad Yani, Universitas Halu Oleo, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Institut Teknologi Sumatera, Sekolah Tinggi Analis Bakti Asih, dan Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia.

Ketua Program Studi Magister dan Doktor Bioteknologi Unpad Dr. Shabarni Gaffar, M.Si., selaku penyelenggara kegiatan ini mengatakan, workshop ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kecakapan akademisi dalam melakukan penelitian di bidang bioteknologi, khususnya analisis protein.

“Selanjutnya, diharapkan dapat terjalin kerjasama dengan PT Genetika Science Indonesia dalam mendukung terselenggaranya tridarma perguruan tinggi di Sekolah Pascasarjana Unpad,” kata Shabarni dalam keterangannya kepada Kanal Media Unpad.

Pada kegiatan ini, PT. Genetika Science Indonesia yang diwakili Field Application Specialist Sonia Yuke Mahardhika mendemonstrasikan tiga instrumen analisis protein, yaitu: Electrophoresis SDS-Page untuk karakterisasi protein, eBlot Protein Transfer System untuk mentransfer protein dari mini gel ke membran nitroselulosa, dan eZwest Automated Western Device untuk Western Blot.  

“Untuk eZwest, aplikasi ini memiliki kelebihan pada kemudahan pengoperasian alat dan kecepatan analisis,” kata Sonia.

Seluruh peserta, baik luring maupun daring, antusias mengikuti kegiatan ini. Peserta mengaku bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mendukung penelitian dan pemahaman di bidang analisis protein.

Sebelum kegiatan demonstrasi instumen dilakukan, peserta terlebih dahulu mempresentasikan materi terkait SDS-PAGE dan Western Blot. (rilis)*

Share this: