FH Unpad Gelar Kompetisi Arbitrase “Mochtar Kusumaatmadja”

Suasana
Suasana kompetisi arbitrase nasional “Mochtar Kusumaatmadja International Commercial Arbitration Moot Competition”.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kompetisi arbitrase nasional “Mochtar Kusumaatmadja International Commercial Arbitration Moot Competition” pada bulan Juni-Juli 2022. Kompetisi digelar untuk mendukung pengusulan Prof. Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional.

Acara yang diikuti oleh 11 tim perguruan tinggi se-Indonesia ini digelar dalam dua bagian. Acara pre-event dalam bentuk Seminar Nasional bertema “Arbitration 101 : International Commercial Arbitration Law” digelar pada Sabtu (18/7/2022) lalu.

Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu: Ketua Badan Abritrase Nasional Indonesia Dr. Anangga W. Roosdiono, S.H., L.L.M., FCBArb, Guru Besar Hukum Bisnis Transnasional FH Unpad Prof. Dr, Huala Adolf, S.H., LLM., Ph.d., FCBA, serta dua dosen FH Unpad Dr. Danrivanto Budhijanto, S.H., LL.M in IT Law, FCBArb., FIIArb., dan Dr. Prita Amalia, S.H., M.H.

Seminar bertujuan memberikan bekal ilmu kepada para peserta untuk menghadapi kompetisi arbitrase di main event. Lebih dari 150 peserta dari berbagai instansi dan kampus di Indonesia mengikuti seminar ini.

Sementara kompetisi peradilan arbitrase semu sendiri diselenggarakan pada 16 – 17 Juli 2022 lalu. Kompetisi Mochtar Kusumaatmadja International Commercial Arbitration Moot (Mochtar Moot) ini mengangkat tema Hukum Privat Internasional dan mengenalkan tentang tata cara arbitrase dengan kasus posisi “Case Concerning Costa Nomika Fisheries” serta menggunakan “BANI Rules”.

Secara teknis, peserta diberikan waktu selama satu bulan untuk menyusun berkas serta waktu selama dua minggu untuk menyiapkan diri mengikuti babak Oral Pleading. Pada babak ini, peserta mengikuti tahap penyisihan untuk selanjutnya maju ke babak perempat final, semi final, dan final. Tahap final kompetisi ini menghadirkan juri dari petinggi BANI.

Penghargaan yang diberikan juga terdiri dari beberapa kategori yaitu Champion untuk juara I, 1st Runner up untuk juara II, 2nd Runner up untuk juara II, Best Oralist I, II, dan II, serta Best Memorandum untuk Claimant dan Respondent.

Pada tahun ini, Universitas Diponegoro berhasil menyandang gelar Champion selaku juara I dalam kompetisi Mochtar Kusumaatmadja International Commercial Arbitration Moot Competition 2022. (rilis)*

Share this: