BEM Fikom Unpad Lepas 77 Anak Penyu Lekang di Pangandaran

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyerahkan donasi kepada Yayasan Raksa Bintana sebagai wujud dukungan terhadap aksi konservasi penyu di Pantai Batu Hiu, Pangandaran.*

[Kanal Media Unpad] Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kabinet Aksinergi 2022 melaksanakan program kerja bertajuk “Fikom for the Wild” yang mendukung upaya pelestarian satwa liar di Indonesia. Salah satu yang dilakukan berupa kunjungan dan penggalangan donasi untuk upaya konservasi penyu di Pantai Batu Hiu, Pangandaran.

Wakil penanggung jawab kegiatan Azka Muhammad Ramadhan mengatakan, para mahasiswa melakukan kunjungan langsung ke Yayasan Raksa Bintana, lembaga yang bergerak di bidang konservasi penyu di kawasan Pantai Batu Hiu, Pangandaran, 3 – 5 Juni 2022.

Setibanya di Pangandaran, rombongan mahasiswa bersama dosen pembina Dr. Herlina Agustin, M.T., disambut langsung pemilik Yayasan Raksa Bintana, Ai Giwang Sari Nurani.

Saat diwawancarai Kanal Media Unpad Azka menjelaskan, para mahasiswa mengaku mendapatkan dua pengalaman sekaligus saat mengikuti kegiatan “Fikom for the Wild” ini, yaitu edukasi dan rekreasi.

“Dalam kegiatan Fikom for the Wild ini, peserta telah menerima banyak pematerian yang utamanya mengenai status penyu di Indonesia yang ditetapkan sebagai hewan liar yang dilindungi menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa,” tuturnya.

Selain melakukan eksplorasi terhadap keindahan alam di Pangandaran, mahasiswa diajak untuk melepasliarkan anak penyu berjenis lekang di Pantai Batu Hiu. Sebanyak 77 ekor anak penyu dilepas oleh para mahasiswa.

Azka mengatakan, secara umum, Yayasan Raksa Bintana merupakan lembaga yang berkomitmen merawat dan melestarikan penyu. Di yayasan tersebut teradapat tiga ekor penyu yang dirawat dan dibesarkan. Selain itu, ada satu ekor yang tengah dirawat sementara dan akan segera dikembalikan ke habitat aslinya.’

Saat ini, yayasan dikelola secara perseorangan oleh keluarga pemilik. Sebagian besar pembiayaan berasal dari dana pribadi dan donatur tunggal. Pihak yayasan juga berencana membangun fasilitas berupa ruangan untuk mengedukasi anak-anak lokal untuk lebih mengetahui dan meningkatkan perhatian terhadap habitat penyu.

Untuk itu, BEM Fikom Unpad berupaya berkontribusi dengan menggalang donasi umum melalui akun instagram resmi BEM Fikom Unpad serta dibagikan oleh peserta dan panitia kegiatan melalui akun media sosialnya masing-masing. Donasi berupa uang tunai telah diberikan langsung kepada pemilik yayasan.*

Share this: