Unpad Lepas 1.445 Mahasiswa untuk KKN di 8 Kota dan Kabupaten di Jabar

Mahasiswa Unpad peserta KKN Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 Periode Juli-Agustus 2024 melakukan diskusi dengan Dosen Pembimbing Lapangan usai mengikuti pada kegiatan Pelepasan Mahasiswa KKN Unpad yang diselenggarakan secara luring di Halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (1/7/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 1.445 mahasiswa Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 Periode Juli-Agustus 2024 yang dilaksanakan mulai dari 2 Juli hingga 3 Agustus 2024.

Para mahasiswa secara langsung dilepas pada kegiatan Pelepasan Mahasiswa KKN Unpad yang diselenggarakan secara luring di Halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (1/7/2024).

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D., mengatakan, pelepasan mahasiswa KKN Unpad pada periode ini menjadi pelepasan pertama yang diselenggarakan secara luring sejak beberapa tahun terakhir. Fahmi berharap, hal ini dapat menjadi semangat baru dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Yang selama ini kita lepas secara online, tetapi dengan semangat yang baru kita melakukannya secara luring dan mudah-mudahan ini menjadi semangat yang lebih besar lagi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Fahmi.

Fahmi mengatakan bahwa para mahasiswa tersebar ke delapan kabupaten/kota di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Pangandaran, dengan jumlah dosen pembimbing lapangan sebanyak 85 orang.

Fahmi berharap pelaksanaan KKN ini dapat menjadi salah satu cara mewujudkan Unpad yang bermanfaat dan mendunia. “KKN Unpad adalah salah satu cara mewujudkan Unpad yang bermanfaat dan mendunia, mudah-mudahan itu yang akan menjadi perwujudan kegiatan kita kali ini,” kata Fahmi.

Prosesi pelepasan mahasiswa KKN 2024 dilakukan secara simbolis dengan pengalungan ID Card oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, Community Engagement Team Manager PT Star Energy Geothermal, serta Dekan Fakultas Pertanian Unpad Dr. Ir. Meddy Rachmadi, Mp., kepada perwakilan dosen pembimbing lapangan dan perwakilan mahasiswa peserta KKN.

Dalam sambutannya, Prof. Arief mengatakan pelaksanaan kegiatan KKN menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk belajar dari masyarakat sekaligus bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui ilmu yang dimiliki. Prof. Arief berharap mahasiswa memiliki semangat untuk bermanfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan adik-adik semua pada saatnya nanti mengikuti KKN tetap dapat menjaga semangat, inovasi, dan perkembangan yang ada di dalam keilmuan yang ada di perguruan tinggi dan semoga masyarakat dapat menerima dengan baik,” ujar Prof. Arief.

Lebih lanjut, Prof. Arief juga berpesan para mahasiswa peserta KKN dapat senantiasa menjaga nama baik diri sendiri dan nama baik Unpad agar pelaksanaan KKN dapat menjadi sarana untuk meraih ilmu yang bermanfaat di masa yang akan datang.

“Tetap semangat dan juga tetap menjaga nama baik kita, nama baik Unpad, nama baik mahasiswa, dan tetap juga mengikuti KKN ini dengan ceria, dengan bersemangat, bersahabat, dan semoga ini semua menjadi ladang mendapatkan ilmu yang akan bermanfaat di masa yang akan datang,” jelas Prof. Arief. (arm)*

Share this: