PSDKU Unpad Tingkatkan Kesadaran Pencegahan dan Pencegahan Kekerasan Seksual

Suasana osialisasi terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus PSDKU Unpad, Jumat (28/6/2024) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus. Acara ini berlangsung secara hybrid pada Jumat (28/6/2024) lalu.

Acara ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika PSDKU Unpad Kampus Pangandaran. Hal tersebut menunjukkan komitmen bersama untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus.

Acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Dosen Program Studi S-1 Keperawatan serta Koordinator Bidang Riset dan PPM PSDKU Universitas Padjadjaran Kampus Pangandaran, Donny Nurhamsyah, S.Kep., Ners., M.Kep., yang bertindak sebagai Master of Ceremony sekaligus moderator dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Direktur PSDKU Unpad Alexander M. A. Khan, S.Pi., M.Si., Ph.D., menyampaikan pentingnya kesadaran dan keterlibatan seluruh sivitas akademika dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari kekerasan seksual.

Lebih lanjut Alexander juga menyampaikan dukungan penuh dari PSDKU terhadap kebijakan Universitas Padjadjaran mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

Sebagai narasumber utama, Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) Universitas Padjadjaran Dr. Antik Bintari, S.IP., M.T., memberikan paparan mengenai langkah-langkah dan strategi yang diterapkan Universitas Padjadjaran dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual di kampus.

Antik juga memberikan panduan praktis mengenai cara melaporkan dan menangani insiden kekerasan seksual, serta menekankan peran penting seluruh sivitas akademika dalam mendukung upaya ini.

Acara yang dimoderatori Dosen Program Studi S-1 Keperawatan sekaligus Koordinator Bidang Riset dan PPM PSDKU Unpad Kampus Pangandaran Donny Nurhamsyah, S.Kep., Ners., M.Kep., ini diisi juga dengan sesi diskusi interaktif yang memberikan kesempatan pada para peserta untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pandangan mereka mengenai topik yang dibahas.

Diskusi ini merupakan forum penting bagi seluruh sivitas akademika untuk lebih mendalami isu yang relevan serta menjadi tempat untuk mencari solusi bersama.

Acara sosialisasi ini merupakan bentuk nyata dari kepedulian PSDKU Unpad Kampus Pangandaran terhadap isu kekerasan seksual yang saat ini menjadi perhatian serius. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta pemahaman mengenai pentingnya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kalangan sivitas akademika.

Penyelenggaraan sosialisasi ini juga merupakan bentuk komitmen PSDKU Unpad Kampus Pangandaran untuk terus mendukung dan melaksanakan kegiatan yang bertujuan menciptakan lingkungan kampus yang aman, nyaman, dan bebas dari segala bentuk kekerasan seksual. (rilis/art)*

Share this: