Program “Unpad Wellness” Ajak Warga Unpad Jadi Agen Perubahan

Peserta program "Unpad Wellness" mengikuti senam bersama dalam acara “Kick-Off Unpad Wellness Program 2024” yang digelar di Plaza Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (28/6/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan warganya, Universitas Padjadjaran kembali menyelenggarakan program Unpad Wellness tahun 2024. Acara “Kick-Off Unpad Wellness Program 2024” telah digelar di Plaza Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (28/6/2024).

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D, mengatakan, program Unpad Wellness merupakan program yang terintegrasi untuk menjaga kesehatan fisik, mental, serta kesehatan sosial bagi seluruh warga Unpad yang sudah dilakukan sejak tahun 2021 lalu.

Berbeda dengan program sebelumnya, tahun ini Unpad Wellness mengusung konsep “Agen Perubahan”. Sebanyak 100 peserta yang terdiri pimpinan Unpad, pimpinan fakultas, dosen, serta tenaga kependidikan akan mendapatkan sesi mentoring selama tiga bulan untuk selanjutnya mengajak lima orang lainnya bergabung dalam program ini.

“Istilahnya jadi agen perubahan itu mampu mengajak lima orang yang lainnya dan dia akan menjadi mentor untuk peserta yang 5 orang untuk mengetuk tularkan apa yang dia dapat sebelumnya,” kata Aulia saat diwawancarai oleh Kanal Media Unpad pada Senin (1/7/2024).

Aulia menyampaikan bahwa pelaksanaan program Unpad Wellness ini merupakan salah satu upaya meningkatkan produktivitas warga Unpad dalam meningkatkan reputasi akademik di lingkungan Unpad. Untuk mencapai hal tersebut perlu dilakukan peningkatan kualitas dalam berbagai aspek, salah satunya pada kesehatan warganya. 

Lebih lanjut Aulia menjelaskan bahwa indikator keberhasikan dari program ini ditunjukkan dengan berbagai perubahan yang terlihat pada peserta, seperti lingkar pinggang yang mengecil, tekanan darah dan kadar kolesterol yang menurun, hingga berat badan yang menuju ke arah ideal.

“Indikator keberhasilan adalah kita bandingkan dengan sebelumnya, jadi apakah ada indeks kebugaran yang bertambah menjadi lebih baik,” ujar Aulia.

Aulia menambahkan bahwa Unpad tidak hanya mendorong warganya untuk produktif, tetapi juga mendorong seluruh warga Unpad untuk sehat dan sejahtera. Oleh karena itu, program Unpad Wellness ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan warga Unpad.

“Idealnya semua elemen yang ada di masyarakat Unpad ini harus menjadi individu yang lebih sehat dan lebih bahagia. Karena parameter ukur kita tidak hanya bertambahnya indeks dari kinerja, tetapi juga indeks kesehatan dan kebahagiaan masyarakatnya,” jelas Aulia. (art)*

Share this: