FIB Unpad Gelar Kuliah Umum Hadirkan Pakar dari Universiti Utara Malaysia

Suasana kuliah umum Prof. (Madya) Dr. Hishamudin Isam dari Universiti Utara Malaysia di kampus FIB Unpad.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran menggelar kuliah umum dengan menghadirkan pembicara Prof. (Madya) Dr. Hishamudin Isam dari Universiti Utara Malaysia di Aula Pusat Studi Bahasa Jepang Kampus FIB Unpad, Jatinangor, 11 – 15 Juni 2024 lalu.

Pada kuliah umum yang digelar 11 Juni 2024, Prof. Isam membawakan materi perkuliahan mengenai “Data Raya dan Kepentingannya dalam Linguistik Digital”. Pembahasan ini menerangkan dan menjelaskan seputar konsep data raya atau mahadata, penggunaan mahadata dalam pemrosesan bahasa, keperluan dan pewajaran mahadata, sampai pada contoh hasil data.

Di hari selanjutnya, terdapat diskusi riset bersama dan perkuliahan lanjutan untuk mahasiswa Sarjana. Mata kuliah yang dibawakan Prof. Isam adalah mata kuliah Sosiolinguistik dan Psikolinguistik.

Dikutip dari laman FIB Unpad, pada mata kuliah Sosiolinguistik, mahasiswa memperlajari “Tasrif dan Model Analisis Kesantunan”, serta “Tabu dan Eufemisme”. Sementara pada mata kuliah Psikolinguistik, para mahasiswa mempelajari “Bahasa dan Gambaran Mental”, serta mengaplikasikan pengalaman baru, sudut pandang baru, dan ilmu pengetahuan baru bagi mahasiswa FIB unpad.

Tidak hanya kepada mahasiswa Sarjana, Prof. Isam juga menyampaikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Pascasarjana FIB.  Prof. Isam membawakan mata kuliah Analisis Wacana Kritis untuk mahasiswa Pascasarjana Linguistik. Kegiatan kuliah umum tersebut kemudian ditutup dengan diskusi riset bersama pada 15 Juni 2024. (rilis)*

Share this: