Unpad dan UMS Malaysia Gelar Diskusi Seputar Program Pertukaran Mahasiswa

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam,memaparkan mengenai aktivitas kemahasiswaan di lingkungan Unpad saat menerima kunjungan dari Universiti Malaysia Sabah (UMS), Malaysia melalui kegiatan Student Mobility Program 2024, Senin (24/6/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Universiti Malaysia Sabah (UMS), Malaysia melalui kegiatan Student Mobility Program 2024 pada 24-26 Juni 2024.

Dalam kegiatan ini, Unpad dan UMS melakukan studi banding mengenai pengelolaan program pertukaran mahasiswa. Diskusi dilaksanakan di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (24/6/2024).

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T., menyambut dengan baik kehadiran UMS di Unpad. Boy berharap para peserta yang hadir dapat menikmati setiap rangkaian acara yang diselenggarakan.

“Saya harap Anda dapat menikmati diskusi kita hari ini dan selamat datang di Universitas Padjadjaran,” kata Boy dalam sambutannya

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad Prof. Dr. Sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., pun berharap diskusi yang dilakukan pada studi banding ini dapat memperkuat kolaborasi antara Unpad dan UMS.

“Jadi saya harap pertemuan hari ini tidak hanya dibahas mengenai pengetahuan, riset, dan tata kelola saja, tetapi juga membahas hal yang lain termasuk kebudayaan, motivasi, dan apa yang bisa kita lakukan untuk memperkuat kolaborasi antara Unpad dan UMS,” ujar Yudi.

Yudi juga berharap melalui diskusi dan kolaborasi yang dibangun oleh Unpad dan UMS ini dapat menghasilkan banyak ide baru yang bermanfaat di masa yang akan datang.

“Saya percaya bahwa pertemuan ini akan memberikan banyak kesempatan untuk masa depan yang lebih baik,” jelas Yudi.

Dari UMS, Director of Program/President of Student Welfare Council (JAKMAS) Thanussha Arumugam juga berharap dari diskusi yang dilaksanakan akan diperoleh banyak hal yang dapat dipelajari untuk meningkatkan program pembelajaran yang lebih optimal dan efektif.

“Saya yakin dengan membangun hubungan dengan FPIK Unpad dapat meningkatkan pola pikir profesional dan kemampuan dalam membuat keputusan pada mahasiswa,” kata Thanussha.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Letter of Intent (LOI) yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad Dr. Sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., bersama dengan UMSKAL Residential College Principal/Programme Coordinator of UMS Ts. Hadzariah binti Ismail.

Di hari kedua, Unpad dan UMS akan menyelenggarakan International Mini Student Conference 2024 bertema “Empowering Student Welfare for SDGs and Blue Economy” di kampus FPIK Unpad, Jatinangor. Acara dilanjutkan di hari ketiga dengan kegiatan field trip. (art)*

Share this: