Mahasiswa Unpad dan masyarakat umum memanfaatkan fasilitas Knowledge HUB kerja sama Unpad dan Pertamina Retail di SPBU COCO Unpad Jatinangor, Jumat (21/6/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran resmi memiliki fasilitas Knowledge HUB yang berlokasi di Bale Pabukon SPBU COCO Unpad, Kampus Jatinangor. Fasilitas tersebut merupakan hibah dari PT. Pertamina Retail kepada Unpad sebagai fasilitas pelengkap dari SPBU COCO yang beroperasi sejak akhir 2023 lalu.

Hibah fasilitas tesebut secara resmi diserahkan pada kegiatan “Penyerahan Dukungan Kelengkapan Fasilitas Knowledge HUB Bale Pabukon SPBU COCO Unpad Jatinangor” di Bale Pabukon, SPBU COCO Unpad, Jatinangor, Jumat (21/6/2024) lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri Pelaksana Tugas Harian (PTH) Direktur Utama PT Pertamina Retail Fedy Alberto, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Prof. Rizky Abdulah, serta jajaran dari PT Pertamina Retail dan tim pengelola Knowledge HUB dari Unpad.

Dalam sambutannya, Prof. Rizky menyebutkan bahwa Knowledge HUB merupakan bukti nyata atas kolaborasi dari Unpad dengan PT Pertamina Retail. “Knowledge HUB ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pertamina dan Unpad untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Kehadiran Knowledge HUB di lingkungan Unpad Jatinangor nantinya juga akan didukung digital library yang dikelola Unpad. Hal ini dilakukan mengingat digitalisasi saat ini sedang marak dilakukan di era globalisasi ini.

“Sehingga nanti masyarakat di sekitar Unpad juga akan, tentu saja, literasinya akan semakin tinggi,” jelas Prof. Rezky.

Prof. Rizky pun berterima kasih kepada PT Pertamina Retail atas terwujudnya Knowledge HUB sebagai fasilitas pendukung pendidikan yang dapat dinikmati oleh mahasiswa Unpad dan juga masyarakat sekitar. 

“Tanpa dukungan PT Pertamina, mungkin tidak akan secepat ini terwujud, dan mudah-mudahan kolaborasi ini juga tidak berhenti sampai di sini,” harap Prof. Rezky. 

Sementara itu, PTH Direktur Utama PT Pertamina Retail Fedy Alberto berharap bahwa Knowledge HUB Bale Pabukon SPBU COCO Unpad Jatinangor dapat meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa Unpad dan masyarakat di sekitar SPBU COCO Bale Pabukon Unpad Jatinangor. 

“Kita harapkan berbagai macam ilmu bisa didapatkan melalui Knwoledge HUB ini, baik hard skill mau pun soft skill,” harap Fedy.

Knowoledge HUB di Bale Pabukon SPBU COCO Unpad Jatinangor merupakan Knowledge Hub pertama di Indonesia yang ada di SPBU COCO. Ia juga berharap agar Unpad dan PT Pertamina Retail terus melakukan kolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kita harapkan kerja sama dengan Unpad ini bisa terus berkembang,” kata Fedy. (arm)*

Share this: