RS Unpad Peroleh Izin Rumah Sakit Tipe B, Siap Buka Layanan dalam Waktu Dekat

Gedung Rumah Sakit Unpad, Jatinangor. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rumah Sakit Universitas berhasil memperoleh izin operasional sebagai rumah sakit tipe B dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Kesehatan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.

Direktur Utama RS Unpad Herry Herman, dr., Sp.OT., PhD., mengatakan, melalui izin operasional tersebut RS Unpad di kampus Jatinangor siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat yang ada di wilayah Sumedang dan sekitarnya.

“Rumah sakit sudah memenuhi regulasi untuk didirikan tanpa memiliki dampak yang negatif terhadap lingkungan juga meyakinkan rumah sakit ini safe untuk pasien dengan sumber daya yang safe, infrastuktur yang safe, dan juga infrastuktur lainnya yang menjamin keselamatan pasien,” kata Herry saat diwawancarai oleh Kanal Media Unpad pada Kamis (20/6/2024).

RS Unpad dengan kapasitas 200 tempat tidur sudah siap untuk menjalankan berbagai pelayanan kesehatan, di antaranya pelayanan gawat darurat, poliklinik, pelayanan operasi, pelayanan farmasi, laboratorium, dan radiologi, serta pelayanan refferal atau rujukan.

Sebelum mulai menjalankan berbagai pelayanan tersebut, operasional RS Unpad akan lebih dulu dimulai dengan menggelar syukuran yang akan mengundang pimpinan universitas serta para stakeholder.

“Insyaallah kita akan dahului dengan bersyukur, mengundang pimpinan universitas, mengundang stakeholder, yang mudah-mudahan besok bisa terealisasikan sebagaimana harapan,” ujar Herry.

Herry juga menyampaikan harapannya agar RS Unpad ke depannya dapat segera berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan tempat tidur rumah sakit untuk masyarakat Sumedang dan sekitarnya.

Tidak hanya itu, RS Unpad sebagai rumah sakit pendidikan juga diharapkan dapat menjadi ruang untuk mengembangkan penelitian denga mengembangkan teknologi yang mutakhir sebagai unggulan RS Unpad di masa yang akan datang.

“Kita melakukan cutting edge services sesuai dengan amanat penelitian dan akademik di Unpad sebagai unggulan di rumah sakit Unpad sebagai rumah sakit pendidikan,” jelas Herry. (arm)*

Share this: