Rektor Ajak Alumni Tingkatkan Kontribusi untuk Penguatan Unpad

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membuka secara simbolis kegiatan SIlaturahmi Akbar Alumni Unpad yang digelar di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Minggu (23/6/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengajak alumni untuk meningkatkan kontribusinya dalam pengembangan Unpad ke depan. Selama ini, banyak kontribusi yang sudah ditorehkan alumni dalam meningkatkan kualitas rekognisi Unpad.

“Kami tentu tidak henti ucapkan terima kasih kepada para alumni yang sudah selalu membantu Unpad dalam berbagai kegiatan yang juga bertujuan untuk menyukseskan Unpad juga,” kata Rektor saat menyampaikan sambutan dalam SIlaturahmi Akbar Alumni Unpad yang digelar Ikatan Alumni Unpad di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Minggu (23/6/2024).

Rektor menjabarkan, salah satu kontribusi alumni melalui Ikatan Alumni Unpad (Ika Unpad) adalah pengumpulan dana abadi atau endowment fund. Empat tahun sejak pertama diluncurkan, dana abadi Unpad terus merangkak hingga saat ini terkumpul sekira Rp 55 Miliar. 

Dana abadi ini, lanjut Rektor, memiliki manfaat besar dalam mendukung proses pembelajaran di Unpad. Selama ini, hasil pengelolaan investasi dari dana abadi Unpad sudah dirasakan manfaatnya berupa program beasiswa untuk membantu mahasiswa Unpad yang terkendala secara ekonomi. “Mereka bisa melanjutkan studinya kembali,” imbuhnya.

Dukungan lain adalah dalam aspek peningkatan rekognisi global. Rektor mengatakan, saat ini banyak alumni prominen Unpad yang menduduki sejumlah jabatan penting di perusahaan. Diharapkan, alumni prominen tersebut dapat tetap merekrut lulusan Unpad untuk selanjutnya dibina, dididik, dan dipromosikan menjadi pimpinan di institusinya masing-masing.

“Ini akan jadi parameter kualitas Unpad untuk dinilai lebih baik,” kata Rektor.

Kontribusi alumni yang tidak kalah penting adalah dalam meningkatkan kelengkapan fasilitas kampus, seperti penambahan sarana angkutan gratis hingga kontribusi penyediaan alat-alat kesehatan untuk operasional RS Unpad.

Silaturahmi akbar ini diikuti oleh alumni dari berbagai angkatan di Unpad. Ketua Ika Unpad Irawati Hermawan mengatakan, silaturahmi akbar alumni Unpad ini merupakan kegiatan tahunan untuk merekatkan silaturahmi antaralumni dari berbagai angkatan. 

Pada tahun ini, ada sejumlah peluncuran program Ika Unpad yang dilakukan, seperti peluncuran kartu uang elektronik tanda anggota Ika Unpad berkolaborasi dengan Bank Mandiri, BRI, dan BSI; peluncuran batik Ika Unpad, serta gelaran Jobfair yang diikuti oleh 20 perusahaan besar di Indonesia.

Silaturahmi Akbar Alumni Unpad ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto Rahardjo, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Arief Yahya, serta sejumlah alumni prominen.

Saat membuka kegiatan, Bey Machmudin mengapresiasi alumni Unpad yang banyak berkiprah di berbagai bidang. “Begitu banyak alumni Unpad yang telah berkontribusi banyak bagi kemajuan bangsa dan negara, khususnya pembangunan Jabar,” kata Bey.*

Share this: