Produk Inovasi Mahasiswa Unpad Raih Penghargaan Kementerian Kesehatan Malaysia

Tim mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil meraih Special Award dari Kementerian Kesehatan Malaysia.*

[Kanal Media Unpad] Tim mahasiswa Universitas Padjadjaran dari Unit Kegiatan Phoenix (Padjadjaran High Level Organization In New Age Research) Unpad berhasil meraih Special Award dari Kementerian Kesehatan Malaysia dalam ajang kompetisi internasional ITEX 2024 yang digelar di Malaysia, 16-18 Mei 2024 lalu.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Asep Wirayasa (FK), Muhammad Arrasyid Firdaus Riyadi (FMIPA), Najwa Amalia Mansoor (FEB), Frizal Harna Faturrachman (FK), dan Rizky Ramadan Sayyid Zenyda (FK).

Pelaksanaan lomba tersebut berlangsung dengan memamerkan purwarupa dari inovasi yang dibuat serta mempresentasikan poster di hadapan para juri sebagai dasar penilaiannya

Tidak hanya itu, pada ajang kompetisi internasional ITEX 2024 yang digelar untuk ranah profesional tersebut, tim membawa kumpulan inovasi yang selanjutnya disusun mejadi sebuah tampilan perusahaan atau company profile yang juga dipresentasikan pada juri.

Selama mempersiapkan hal tersebut, tim melakukan diskusi yang berkaitan dengan mekanisme cara kerja alat, cara menciptakan alat dengan tingkat akurasi yang tinggi, serta mendiskusikan cara hilirisasi inovasi hingga menjadi sebuah perusahaan yang baik.

Asep dan tim mendapatkan respons yang baik dari Kementerian Kesehatan Malaysia mengenai company profile yang mereka pamerkan. Kemenkes Malaysia memberikan tanggapan dengan mengatakan bahwa inovasi-inovasi kesehatan yang mereka pamerkan dapat diterapkan pada masyarakat luas hingga dapat memberikan manfaat yang besar.

“Spesial award itu dari Kementerian Kesehatan Malaysia yang hanya memberikan dua medali saja. Dua medali spesial award ini hanya diberikan kepada dua tim dari total 500 tim dan Alhamdulillah kita bawa ke Unpad,” ujar Asep.

Sebagai bagian dari persiapan untuk mengikuti perlombaan tersebut, Asep dan tim secara terus-menerus melatih kemampuan masing-masing agar dapat melakukan presentasi yang baik serta menarik di hadapan para juri. Selain itu, tim juga membuat daftar pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh juri agar presentasi yang mereka lakukan dapat berlangsung dengan lancar.

Asep berharap agar mahasiswa Unpad dapat terus mengasah kemampuan diri dengan terus berani untuk mencoba banyak hal baru. Asep berpesan agar mahasiswa tidak mengenal rasa takut untuk terus mencoba dan selalu berusaha.

“Jadi usaha, manfaatkan semua sumber daya yang ada dan saya rasa Unpad saat ini sangat baik dan menyediakan berbagai macam fasilitas untuk kita bisa maju, untuk kita bisa berprestasi,” jelasnya.(arm)*

Share this: