Mahasiswa Fikom Unpad menampilkan pertujukan budaya dari berbagai negara dalam kegiatan Festival Budaya Fikom Unpad 2024 di Lapangan Futsal Fikom Unpad, Jatinangor, Kamis (27/6/2024). (Foto: Mahes Jan Anargya/Panitia Fesbud Fikom 2024)*

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan Festival Budaya Fikom Unpad 2024 bertema “Cultural Legends Carnival: Unveiling Folklore Wonders”. Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Futsal Fikom Unpad, Jatinangor, Kamis (27/6/2024).

Pelaksanaan Festival Budaya Fikom Unpad merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sebagai tugas akhir dari mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset Fikom Unpad Prof. Dr. Atwar Bajari, M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Atwar menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Fikom ini dapat memberikan ilmu pengetahuan serta pengalaman baik bagi mahasiswa. Tidak hanya itu, diharapkan kegiatan ini dapat terus dilanjutkan pelaksanaanya.

“Mudah-mudahan upaya, niat, dan pelaksanaan acara menjadi berkah untuk kita semua dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan, serta pengalaman yang baik untuk para mahasiswa,” ujar Prof. Atwar.

Perwakilan dosen mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya Dandi Supriadi, M.A. (SUT)., PhD, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Festival Budaya Fikon 2024 ini. Dandi berharap mahasiswa dapat saling mengapresiasi satu sama lain dan mendapatkan banyak pelajaran dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Selamat menikmati festival budaya dan mudah-mudahan kita bisa mendapatkan banyak pelajaran pada hari ini,” kata Dandi.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa Fikom Unpad menampilkan berbagai pertunjukkan menarik dari berbagai budaya lintas negara yang dipresentasikan. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga mengenalkan berbagai makanan khas dan pakaian tradisional dari setiap budaya yang ditunjukkan.

Sesuai dengan tema yang diusung, setiap kelompok juga menunjukkan folklor atau cerita rakyat khas dari budaya masing-masing yang direpresentasikan.

“Harapannya dengan adanya festival budaya tahun ini bisa bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa Fikom Unpad saja, tetapi juga bagi para pengunjung, serta pihak eksternal lainnya,” kata Annisa Tri Rahmadini selaku Project Officer Festival Budaya Fikom Unpad 2024. (arm)*

Share this: