Unpad Undang Talenta Terbaik untuk Bergabung Melalui Seleksi Kerja Sama

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, PhD., menjadi pembicara dalam Ayo Kenal Unpad “Seleksi Kerja Sama Universitas Padjadjaran” yang disiarkan di YouTube Unpad, Rabu (15/5/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Pendaftaran mahasiswa baru program Sarjana dan Sarjana Terapan Universitas Padjadjaran melalui Seleksi Kerja Sama dibuka dari 29 April hingga 16 Juni 2024. Kesempatan ini terbuka bagi calon mahasiswa yang direkomendasikan lembaga atau institusi yang bekerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dengan Unpad.

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, PhD., mengatakan bahwa pendaftaran Seleksi Kerja Sama dapat dilakukan melalui dua skema, yaitu skema UTBK dan ujian. Kedua skema ini juga menggunakan nilai rapor semester 1-5 sebagai bagian dari penilaian.

Secara umum, persyaratan pendaftaran sama dengan skema UTBK dan ujian di seleksi Mandiri. Skema UTBK diperuntukkan bagi peserta yang mengikuti atau memiliki nilai UTBK 2024. Jika tidak mengikuti UTBK 2024, peserta dapat mengikuti skema ujian dengan pelaksanaan ujian pada 29-30 Juni 2024 secara daring.

Hal terpenting dalam seleksi ini, pendaftar memiliki surat rekomendasi dari lembaga atau institusi yang memiliki kerja sama dengan Unpad di bidang riset, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini ditandai dengan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman oleh kedua belah pihak.

“Persyaratan lainnya hampir mirip dengan Seleksi Mandiri skema UTBK maupun ujian,” ujar Anas dalam Ayo Kenal Unpad “Seleksi Kerja Sama Universitas Padjadjaran” yang disiarkan di YouTube Unpad, Rabu (15/5/2024).

Anas pun mengingatkan pendaftar untuk memperhatikan ketentuan saat mengisi kolom pendaftaran. Salah satu hal yang perlu dicermati adalah dalam memilih jalur seleksi.

“Jangan lupa bagi peserta yang eligible untuk yang kelas kerja sama termasuk mendapat rekomendasi, nanti pilih di Seleksi Kerja Sama, jangan di seleksi Mandiri karena di dalam isiannya itu agak berbeda,” pesan Anas.

Lebih lanjut Anas mengungkapkan bahwa daya tampung di setiap program studi berbeda-beda, maksimal adalah 20% dari kuota Mandiri.

“Maksimal itu 20% dari kuota Mandiri yang kita bisa terima dari jalur kerja sama ini,” ujar Anas.

Pendaftaran seleksi ini dapat dilakukan melalui  https://admission.unpad.ac.id/. Sebelum mendaftar, peserta perlu memahami ketentuan pendaftaran yang informasinya dapat diakses di smup.unpad.ac.id. (arm)*

Share this: