Pendaftaran Seleksi Mandiri Unpad Skema UTBK dan Ujian Dibuka Hingga 16 Juni 2024

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Irma Nuraini, S.Si., M.T., dan Analis Sistem Informasi Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Insan Fahmi Azadi, S.Kom., ,menjadi narasumber talkshow “Ayo Kenal Unpad” yang disiarkan di kanal YouTube Unpad, Senin (13/5/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran skema UTBK dan ujian masih dapat dilakukan hingga 16 Juni 2024. Kesempatan ini terbuka bagi calon mahasiswa baru Unpad untuk program Sarjana dan Sarjana Terapan.

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Irma Nuraini, S.Si., M.T., mengatakan bahwa kriteria penilaian Seleksi Mandiri Unpad skema UTBK berdasarkan gabungan nilai dari skor SNBT-UTBK 2024 dan nilai rapor semester 1-5.

“Tidak ada ujian lagi untuk skema UTBK. Jadi cukup submit, kemudian nanti kita seleksi,” kata Irma dalam talkshow “Ayo Kenal Unpad” yang disiarkan di kanal YouTube Unpad, Senin (13/5/2024).

Pendaftaran Seleksi Mandiri Unpad dapat dilakukan tanpa menunggu hasil UTBK diumumkan. Pendaftaran dapat dilakukan sejak 29 April 2024 lalu.

“Untuk mendaftar UTBK, tidak perlu menunggu skornya keluar,” ujar Irma.

Sementara untuk skema ujian SMUP, Irma menegaskan, skema ini hanya diperuntukkan bagi peserta yang tidak memiliki nilai UTBK tahun 2024. Peserta yang mengikuti atau memiliki nilai UTBK 2024 tidak dapat mengikuti skema ini. Pengumuman akan dilakukan pada 7 Juli – 31 Juli 2024.

“Ini hanya dan khusus yang tidak memiliki nilai UTBK 2024,” tegasnya.

Ujian seleksi mandiri program Sarjana dan Sarjana Terapan akan dilaksanakan secara daring pada 29-30 Juni 2024. Dengan demikian, ujian dapat dilakukan peserta di mana pun.

Irma mengingatkan peserta untuk memperhatikan ketentuan pelaksanaan ujian. Dijelaskan Irma, pelaksanaan ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test, dan peserta harus menggunakan perangkat berupa laptop atau komputer PC.

Ujian diharuskan dilakukan di ruangan tertutup, pencahayaan yang cukup, meja dan kursi yang nyaman untuk ujian, serta tidak ada orang lain di sekitar tempat ujian. Sebelum pelaksanaan ujian, peserta diminta mengikuti verifikasi tempat ujian oleh panitia.

“Tempat ujian harus sama dengan tempat saat melakukan verifikasi. Biasanya itu satu hari sebelumnya kita lakukan verifikasi,” kata Irma.

Dalam proses mendaftar, Irma juga mengingatkan agar peserta cermat dalam mengisi kolom pendaftaran. Peserta juga harus memastikan skema yang dipilih adalah benar, karena setelah finalisasi pendaftaran tidak dapat dibatalkan.

Hal senada disampaikan Analis Sistem Informasi Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Insan Fahmi Azadi, S.Kom. Insan mengatakan bahwa peserta Seleksi Mandiri Unpad harus teliti mengisi kolom pendaftaran. Pastikan kolom sudah diisi sesuai dengan ketentuan.

“Disayangkan jika ada kendala karena ada ketidaktelitian. Jadi pastikan kembali yang kalian itu sudah sesuai,” kata Insan. (arm)*

Share this: