Masuk Lewat Jalur Prestasi, Mahasiswa akan Dilakukan Pembinaan Lewat Manajemen Talenta

Panitia Seleksi Minat dan Bakat Unpad Dr. Slamet Usman Ismanto, M.Si., menjadi pembicara dalam talkshow "Ayo Kenal Unpad: Seleksi Mandiri Skema Minat dan Bakat", Senin (13/5/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Seleksi Masuk Program Sarjana (S-1) dan Sarjana Terapan melalui penerimaan jalur prestasi atau minat dan bakat. Seleksi minat dan bakat terbuka bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi, baik prestasi akademik maupun non-akademik.

“Penerimaan jalur minat dan bakat bisa masuk di jenjang Sarjana akademik maupun terapan. Ini memungkinkan para talenta yang dimiliki calon mahasiswa Unpad bisa memilih apakah mau ke akademik atau terapan,” kata Panitia Seleksi Minat dan Bakat Unpad Dr. Slamet Usman Ismanto, M.Si., dalam talkshow “Ayo Kenal Unpad: Seleksi Mandiri Skema Minat dan Bakat”, Senin (13/5/2024).

Slamet menjelaskan, ada beberapa bidang penerimaan minat dan bakat yang dibuka, seperti prestasi yang berhubungan dengan bidang riset dan inovasi, olahraga, seni budaya, apresiasi penghafal kitab suci seluruh agama dan kegiatan keagamaan lainnya.

Unpad sendiri, lanjutnya, mewadahi berkembangnya talenta-talenta tersebut melalui pemetaan manajemen talenta Unpad. Pola pembinaan mahasiswa dari jalur prestasi tersebut juga disertai dengan penghargaan/kompensasi pada bidang akademik, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat terus mengembangkan potensi dan prestasi di bidangnya.

“Bahkan, beberapa kegiatan yang memiliki kesesuaian dengan skema MBKM itu bisa dikonversi dalam sejumlah SKS tertentu,” ujar Slamet.

Melalui jalur prestasi ini, Unpad melakukan asesmen mengenai potensi talenta yang dimiliki calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa yang berhasil lolos dari jalur ini kemudian akan dilakukan pembinaan melalui klub pembinaan melalui organisasi kemahasiswaan ataupun tempat pembinaan yang sesuai dengan talentanya.

Selain diberikan pelatihan, mahasiswa juga akan diikutsertakan dalam kompetisi di level provinsi, nasional, maupun internasional, serta memperoleh berbagai mentoring, konseling, dan evaluasi prestasi akademik.

Lebih lanjut Slamet menjelaskan, pendaftaran jalur minat dan bakat dibuka dari 29 April 2024 – 31 Mei 2024. Persyaratan umum pendaftar jalur ini adalah lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024 atau paket C serta harus memiliki skor nilai UTBK-SNBT 2024.

Bagi pendaftar yang memiliki prestasi di bidang riset dan inovasi, olahraga, seni budaya, penghafal kitab suci dan kegiatan keagamaan lainnya dapat melampirkan dalam bentuk portofolio atau dokumen prestasi lainnya.

“Peserta hanya boleh mengirim satu prestasi terbaiknya saat pendaftaran, melampirkan surat pernyataan kesanggupan aktif di UKM sebagai pakta integritas untuk membantu mengembangkan UKM,” imbuhnya.

Kriteria penilaian pada jalur prestasi ialah skor prestasi menjadi komponen penilaian utama, sedangkan skor UTBK-SNBT sebagai skor akademik menjadi komponen tambahan. Kriteria penilaian meliputi level kejuaraan; kategori prestasi (perorangan atau beregu); jenis prestasi yang dipertandingkan di tingkat regional, nasional, atau internasional; serta tingkat penyelenggara kejuaraan.

Acara talkshow “Ayo Kenal Unpad: Seleksi Mandiri Skema Minat dan Bakat” juga menampilkan pembicara Analis Sistem Informasi Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Insan Fahmi Azadi, S.Kom., mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari jalur prestasi Jacky Nevo Tambajong, serta mahasiswa Fakultas Teknik Geologi dari jalur prestasi Georgine Najwa Ardhea M.*

Share this: