Ini Benefit yang Bisa Diperoleh dari Kelas IUP Unpad

Suasana talkshow "Ayo Kenal Unpad: Seleksi Kelas Internasional/IUP", Selasa (14/5/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Artanti Hendriyana dan Salsabila Andiana

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran membuka kelas internasional program Sarjana untuk sejumlah program studi melalui International Undergraduate Program (IUP). Pendaftaran dibuka pada 29 April – 1 Juni 2024.

Secara keseluruhan, Unpad membuka kelas IUP untuk 14 program studi dari delapan fakultas. Program ini bermitra dengan sejumlah perguruan tinggi luar negeri.

Melalui IUP, beberapa program studi juga menawarkan Double Degree dengan perguruan tinggi mitra luar negeri. Program ini menerima mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), IUP dibuka untuk prodi Akuntansi (Double Degree), Management (Double Degree), Ekonomi Islam, Ekonomi (Double Degree), dan Bisnis Digital (Double Degree).

Dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IUP dibuka untuk prodi  Perikanan (Double Degree) dan  Ilmu Kelautan (Double Degree), serta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) IUP dibuka untuk prodi Hubungan Internasional (Single Degree) dan Administrasi Bisnis (Single Degree).

Selain itu, program IUP dibuka juga untuk prodi Kedokteran Gigi (Single Degree) Fakultas Kedokteran Gigi, Farmasi (Single Degree) Fakultas Farmasi, Hukum (Single Degree) Fakultas Hukum, Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Kedokteran Fakultas Kedokteran.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Kantor Kepala Urusan Internasionalisasi FEB Unpad Rudi Kurniawan Ph.D, mengatakan bahwa IUP dapat memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi budaya, perspektif global,  kemampuan berbahasa inggris, peluang karier dan networking, serta melatih kemampuan beradaptasi dan memecahkan masalah.

Selain menawarkan gelar ganda, IUP dari FEB Unpad juga menawarkan keunggulan berupa international exposure dan expertise, yaitu keahlian dalam bekerja di ruang lingkup internasional.

“Itu sendiri merupakan keunggulan (dari IUP),” ungkap Rudi dalam talkshow “Ayo Kenal Unpad: Seleksi Kelas Internasional/IUP“, Selasa (14/5/2024). 

Rudi menjelaskan bahwa FEB Unpad telah bekerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri, seperti Northern Illinois University Amerika Serikat, University of Northampton Inggris, YSchools Prancis, dan International Management Institute Swiss.

Selain itu, FEB Unpad juga menawarkan program pertukaran pelajar yang dirancang agar mahasiswa mendapat kesempatan belajar di luar negeri di universitas yang bermitra dengan Unpad selama satu sampai dua semester. Satuan Kredit Semester (SKS) selama belajar di universitas luar juga akan dikonversi.

“Jadi tidak hanya sekadar pergi dan ikut belajar di sana, tapi juga medapatkan kredit yang nanti akan dihitung sebagai total kredit yang sudah diambil selama studi di Universitas Padjadjaran,” jelas Rudi.

M6ahassiwa juga akan berpartisipasi dalam aktivitas budaya dengan mengenalkan budaya Indonesia dan mempelajari budaya di negara tempat mereka belajar. “Di sini ada unsur diplomasi budaya,” imbuhnya.

Selain program pertukaran pelajar, FEB Unpad juga menawarkan program musim panas (summer program) yang berlangsung selama liburan.

“Semua informasi (akan) disampaikan oleh kantor urusan internasional, dan semua urusan nanti kita fasilitasi,” kata Rudi.

Sejumlah prodi juga sudah meraih akreditasi internasional, salah satunya dari ABEST21. Menurut Rudi, hal ini menunjukkan adanya peningkatan mutu dari pendidikan di FEB Unpad.

Fakultas Kedokteran

Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Kedokteran Unpad Dr. Mohammad Ghozali, dr., M.Sc., mengatakan bahwa program internasionalisasi diperlakukan untuk beradaptasi dengan dunia. Maka dari itu, program IUP hadir sebagai salah satu program internasionalisasi di FK Unpad.

“Bentuknya dengan mengintegrasikan dengan suatu kurikulum, maka kurikulum tetap mengacu pada kompetensi dokter,” jelas Ghozali.

Ghozali berpendapat bahwa dengan adanya program IUP akan melengkapi kapasitas lulusan dari kedokteran Unpad dengan internasional exposure, sehingga mereka akan mampu beradaptasi dengan kapasitas internasional yang telah dipelajari.

Meskipun termasuk dalam program IUP, lama pendidikan dalam program studi kedokteran akan tetap sama dengan program reguler.

“Tujuannya adalah menjadi dokter, maka baik program reguler maupun internasional (tetap) terdiri dari 10 semester,” ujarnya.

Saat ini, FK Unpad telah bekerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia. “Maksimal satu tahun belajar di mitra universitas, seperti institusi pendidikan dokter,” tambah Ghozali.

Fakultas Kedokteran Gigi

Kepala Unit Internasionalisasi FKG Unpad Dewi Zakiawati, drg. M.Sc., Sp.PM. mengatakan bahwa FKG Unpad mengadopsi outcome-based education (OBE) yang diintegrasikan dengan student-centered learning (SCL).

“Kita ingin nantinya lulusan dari FKG Unpad akan bisa menjawab demand dari global market, global society,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dalam program ini, FKG Unpad mendatangkan profesor dari institusi internasional yang telah bekerja sama dengan FKG Unpad untuk memberikan kuliah.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa universitas luar negeri yang telah bekerja sama dengan FKG Unpad, yaitu Hiroshima University Jepang, Universiti Malay Malaysia, International Islamic University Malaysia, Thammasat University Thailand, dan Management and Science Unviersity Malaysia.

Lebih lanjut, Dewi menambahkan bahwa program internasional memiliki program pertukaran mahasiswa.

“Kami akan kirim mahasiswa IUP untuk belajar dengan international partner kami,” ujarnya.

Program pertukaran yang diselenggarakan oleh FKG Unpad tidak hanya mengirimkan mahasiswa untuk belajar di luar negeri, tetapi juga menerima mahasiswa serta profesor dari luar negeri untuk belajar di FKG Unpad.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran Anggia Utami Dewi Ph.D mengatakan bahwa Program IUP yang ditawarkan oleh FISIP Unpad bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terekognisi internasional, baik dalam pemeringkatan dan kualitas pendidikan.

Selain pengajar internal, FISIP Unpad juga mendatangkan pengajar eksternal untuk program ini.

“Untuk semua program IUP tentu saja di dalamnya akan ada tenaga pengajar dari internal maupun eksternal,” ujarnya.

Anggia mengatakan bahwa seluruh program studi di FISIP Unpad masih single degree. Meskipun begitu, mahasiswa akan tetap mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar di universitas luar negeri selama minimal satu semester atau lebih. Hingga saat ini, terdapat 14 universitas mitra yang telah bekerja sama dengan FISIP Unpad.

“Yang menjadi highlight, teman-teman akan mendapatkan kesempatan yang disebut dengan international exposure program,” jelas Anggia.

Selain pertukaran pelajar, kegiatan yang ditawarkan juga berupa magang internasional, program akademik jangka pendek, serta transfer kredit.

Fakultas Ilmu Komunikasi

PIC IUP Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Andika Vinianto Adiputra, S.Sos., M.A mengatakan bahwa prodi ini telah meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi internasional yaitu The Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS).

Kelas IUP Ilmu Komunikasi Unpad  bertujuan menjadi pusat pengembangan Ilmu Komunikasi di tingkat Sarjana yang mampu mengembangkan ilmu komunikasi menuju center of excellency dan memenuhi kebutuhan industri profesional dan tuntutan masyarakat dengan prinsip kemitraan, rasa hormat, inovasi, keberagaman, dan kesetaraan. Program ini menerapkan motto “Insight-based Communication to Enhance the Society”.

“Kelas IUP difokuskan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional dan internasional,” kata Andhika.

Mahasiswa IUP juga dapat mentransfer SKS yang diperoleh melalui skema pendidikan internasional selama menempuh studi di IUP. Skema pendidikan internasional yang ditawarkan adalah Student Exchange Program dan Study Abroad Program dengan universitas mitra di Korea Selatan.

Prospek lulusan dari prodi ini yaitu sebagai Scientific Communication Professional, Digital Communication Planner, dan Social Entrepreneur.

Fakultas Hukum

Di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, kurikulum program IUP berdasarkan Outcome-based Education (OBE). FH Unpad telah meraih akreditasi internsional dari FIBAA yang berlaku sejak tahun 2023. FH Unpad juga memiliki sejumlah mitra perguruan tinggi luar negeri.

“Sebagai kelas internasional, (FH Unpad) memiliki partner global yang menjadi partner saat melakukan student exchange,” ujar Imam.

Universitas mitra tersebut di antaranya adalah Universiti Teknologi MARA Malaysia, The University of Melbourne Australia, dan Monash University Australia.  Khusus untuk University of Melbourne Australia, FH Unpad telah memiliki skema kerja sama dalam program fast track.

“Jadi, setelah kemudian menyelesaikan sarjana hukum bisa langsung menempuh Master of Law,” jelas Imam.

Lebih lanjut, kelas internasional FH Unpad rutin mendatangkan dosen tamu dari Singapura, Belanda, Inggris, Malaysia, dan berbagai negara lain. Para mahasiswa juga akan berkesempatan untuk menjadi mahasiswa magang di kementerian, NGO (Non-Governmenal Organization), hingga organisasi dan perusahaan internasional.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Kepala Unit Intyernasionalisasi FPIK Unpad Fittrie Meylllianawaty P., S.Pi., MIL., M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa fakultas ini memiliki banyak mitra di luar negeri, namun ada dua perguruan tinggi yang focus bermitra untuk program IUP dengan FPIK Unpad yaitu Guanxi National University (GXUN) Tiongkok untuk prodi Ilmu Kelautan (Marine Sciences) dalam program single degree dan Mokpo National University (MNU) Rep Korea untuk prodi Perikanan (Fisheries) dalam program double degree.

Selain mitra tersebut, mahasiswa juga akan berkesampatan mengikuti kegiatan student exchange dengan mitra perguruan tinggi lain dari luar negeri.

“Jadi selain dari international undergraduate program yang sudah ada dengan Guanxi National University dan Mokpo National University teman-teman juga memiliki kesempatan untuk bisa student exchange melalui partner university kami di luar negeri,” kata Fittrie.

Fittrie menyebutkan bahwa Prodi Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad telah memperoleh akreditasi ASIIN. Selain dari ASIIN, Prodi Ilmu Kelautan juga telah meraih akreditasi inetrnasional dari Institute of Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST).

Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti pendidikan Bahasa Inggris, seminar internasional, dan riset Bersama partner luar negeri.

Fakultas Farmasi

Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Farmasi Unpad Apt. Holis Abd Holik, PhD mengatakan bahwa saat ini, seluruh prodi Farmasi Unpad telah meraih akreditasi internasional ASIIN.

Dalam program IUP, Fakultas Farmasi Unpad berkolaborasi dengan sejumlah mitra, yaitu Universiti Sains Malaysia, Chiba University Jepang, Chulangkorn University Thailand, dan University of Groningen Belanda. Selain itu, sejumlah mitra luar negeri juga telah memiliki kerja sama dengan Fakultas Farmasi Unpad.

Dikatakan Holis, mahasiswa IUP nantinya dapat mengikuti student exchange di perguruan tinggi mitra.

“Dalam hal ini mahasiswa boleh memilih akan ke mana perguruan tinggi yang di-listed oleh Fakultas Farmasi,” kata Holis.

Holis juga menyebutkan bahwa staf pengajar di Farmasi Unpad memiliki reputasi tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, professor-professor terbaik dunia juga kerap untuk mengajar untuk mahasiswa Farmasi Unpad.

“Kami juga mengundang alumni-alumni terbaik dari Fakultas Farmasi yang telah berkarir menjadi top manajemen atau top leader di Perusahaan,” kata Holis. (arm)*

Share this: