Harkitnas Momentum Optimisme Wujudkan Kebangkitan Kedua Nasional

Suasana Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 yang digelar di Halaman Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Senin, (10/5/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024 di Halaman Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Senin (20/5/2024). Upacara diikuti oleh sejumlah pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Unpad.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti bertindak sebagai Pembina Upacara dan membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi bertema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” kata Rektor saat membacakan Sambutan Menkominfo.

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting, dan perlu dihadapi dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Momen ini mesti ditangkap dalam menuju mimpi sebagai bangsa. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital dapat menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.

“Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!” ajaknya.

Dalam pelaksanaan upacara kali ini, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Prof. Aquarini Priyatna bertindak sebagai Pembaca Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Dekan Fakultas Peternakan Dr. Rahmat Hidayat bertindak sebagai Pembaca Doa. (arm)*

Share this: