Sejumlah pimpinan Unpad mencoba fasilitas olahraga di kampus Fakultas Kedokteran Gigi, Jatinangor, Senin (20/5/2024). Fasilitas tersebut merupakan implementasi dari program Smart Campus FKG Unpad. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran meluncurkan “Smart Campus” sebagai bagian dari program “Smart and Green Dentistry”  di Kampus FKG Unpad, Jatinangor, Senin (20/5/2024).

Peluncuran secara simbolis dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D., Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg., Sp.KG., dan Ketua Ika Komisariat FKG Unpad drg. Ansar Arifin. Acara juga dihadiri sejumlah pimpinan universitas dan fakultas.

Dalam sambutannya, Dudi mengatakan bahwa Smart Campus merupakan bagian dari upaya transformasi akademik dan budaya kerja di FKG Unpad. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan capaian pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sekaligus penguatan internasionalisasi FKG Unpad.

“Pada akhirnya mendukung Unpad yang bermanfaat dan mendunia,” kata Dudi.

Dikatakan Dudi, proses pembelajaran dan internasionalisasi  acapkali menghadapi tantangan, seperti tingkat stres dari mahasiswa dan dosen, serta zaman yang terus berubah. Smart Campus diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut.

Smart Campus sendiri terdiri dari: Sehat fisik, mental, dan lingkungan; Metode pembelajaran transformatif; Agent of change; Religius; dan Terekognisi global.

“Mudah-mudahan lima program utama ini bisa mewujudkan proses pembelajaran ataupun non pembelajaran di FKG Unpad ini yang bisa menunjang terhadap hasil dari proses pendidikan kita,” harap Dudi.

Sebagai panduan dalam implementasi Smart Campus FKG Unpad, telah disusun buku panduan yang akan menjadi acuan bagi seluruh stakeholders FKG Unpad. Buku panduan ini disusun dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai stakeholders FKG Unpad.

Dalam mewujudkan Smart Campus, FKG Unpad juga telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan program ini, di antaranya ruang konsultasi, sarana olah raga, dan nursery room. Sejumlah duta dari setiap program Smart Campus juga telah terpilih untuk ikut menyebarluaskan program ini.

“Mudah-mudahan ini dapat diimplementasikan, direalisasikan, dan didukung oleh semuanya sehingga program-program unggulan kami ini bisa terlaksana, sehingga lulusan kita tidak hanya bisa bersaing di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasinal dengan kompetensi yang sangat baik,” harap Dudi.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Yanyan mengatakan bahwa program Smart Campus ini sangat baik dan perlu diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari. Program juga perlu dijalankan dengan bahagia.

“Atas nama pimpinan Universitas Padjadjaran, kami mendukung penuh adanya Smart Campus ini,” kata Prof. Yanyan. (arm)*

Share this: