Sejumlah dosen dan tenaga mengikuti lomba peragaan busana dalam rangka Peringatan Hari Kartini yang digelar di Halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (22/4/2024). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka Peringatan Hari Kartini, Universitas Padjadjaran menyelenggarakan acara Peringatan Hari Kartini 2024 “Inspirasi Semangat Kartini untuk Unpad” di Halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (22/4/2024).

“Selamat Hari Kartini. Selamat menjadi perempuan hebat. Selamat kepada Bapak-bapak yang telah selalu mendukung para perempuan hebat,” ucap Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dalam sambutannya.

Rektor mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk mengapresiasi pahlawan nasional Kartini dan “Kartini Unpad”, yaitu para perempuan yang telah bersama dan berkarya memajukan Unpad tercinta.

“Terima kasih ibu-ibu sekalian telah banyak memberikan inspirasi, memberi kontribusi, berbuat kebaikan dan kemanusiaan,” kata Rektor.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Prof. Ira Irawati mengatakan, kehadiran sosok Kartini telah memberikan kontribusi besar bagi perjuangan emansipasi perempuan Indonesia. Kartini telah menginspirasi banyak orang dengan gagasannya tentang pendidikan dan kesetaraan gender.

Lebih lanjut Prof. Ira mengatakan bahwa Kartini telah membuka jalan bagi perempuan Indonesia untuk mendapatkan pendidikan, hak-hak yang setara, dan kesempatan yang lebih luas dalam berkontribusi pada pembangunan bangsa.

“Jadi hari ini Unpad menggelar perayaan hari lahirnya RA Kartini, tujuannya adalah untuk meneladani semangat cita-cita beliau terutama di bidang pendidikan dan kesetaraan,” kata Prof. Ira.

Hari Kartini ini diperingati Unpad dengan berbagai lomba yang diikuti para pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Unpad, yaitu Lomba Poster dengan 56 peserta, Lomba Peragaan Busana dengan 54 peserta, dan Lomba Masak dengan 31 peserta.

Lomba Poster yang diselenggarakan bertema “Kartini di Mataku”. Prof. Ira mengatakan bahwa tema ini dipilih untuk melihat sejauh mana penilaian peserta terhadap sosok Kartini dan perjuangannya.

Sementara itu, Lomba Peragaan Busana bertema “Kartini Unpad 2024” diselenggarakan untuk memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia melalui busana. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya Indonesia.

Khusus Lomba Memasak, lomba ini diikuti oleh sejumlah pimpinan pria di lingkungan Unpad. Menu masakan kali ini adalah nasi goreng.

Menurut Prof. Ira, Lomba Memasak ini membawa pesan kesetaraan antara pria dan perempuan, dimana kegiatan memasak dapat dilakukan oleh siapa saja.

Dengan tema “Inspirasi Semangat Kartini untuk Unpad”, Prof. Ira berharap keluarga besar Unpad dapat meneladani dan menjadikan nilai hidup Kartini sebagai inspirasi untuk  meningkatkan kualitas diri.

“Harapanya, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan nilai-nilai perjuangan RA kartini dan melanjutkan cita-cita beliau,” kata Prof. Ira.

Adapun pemenang dari tiga lomba tersebut adalah sebagai berikut:

Juara Lomba Peragaan Busana

  • Juara I Safa Annisaa (Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi)
  • Juara II Hasniati Haroen, SKep, Ners., M.Kep (Fakultas Keperawatan)
  • Juara III Annisa Labertha S.Kep., Ners (Fakultas Keperawatan)

Juara Lomba Poster

  • Juara I Farah R (FH)
  • Juara II Aay Ramdan (Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi)
  • Juara III Deni Hendra Setiawan (Direktorat Inovasi dan Korporasi)
  • Juara Favorit Nadhira Nur Rahman (Fakultas Psikologi)

Juara Lomba Masak

  • Juara I Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Si., (Dekan Fapet)
  • Juara II Dr. Sigid Suseno, M.Hum., (Dekan FH)
  • Juara III Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam (Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni)

Juara Kostum Favorit Edward Henry, M.M. (Direktur Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset: kostum adat Dayak). (arm)*

Share this: