Sebanyak 51 Proposal PKM Unpad Peroleh Pendanaan Ditjen Dikti

Kelompok PKM Unpad peraih medali di ajang PImnas ke-36. (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 51 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024 Universitas Padjadjaran berhasil mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek RI. Unpad berhasil masuk ke dalam 15 besar Perguruan Tinggi Penerima Pendanaan PKM tahun 2024  dengan menempati posisi ke-11 di tingkat nasional

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, jumlah proposal PKM yang lolos pendanaan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu 44 proposal yang mendapatkan pendanaan.

Boy menyampaikan peningkatan jumlah proposal yang berhasil mendapatkan pendanaan ini tentu tidak terlepas dari semangat serta kreativitas para mahasiswa dan dosen pendamping yang terus meningkat. Boy berharap pada ajang PKM berikutnya Unpad terus menunjukkan peningkatan hingga berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar.

“Itu membutuhkan effort yang sangat besar, tapi Insyaallah kalau melihat dari semangat teman-teman dan komitmennya, mudah-mudahan bisa tercapai,” ujar Boy.

Selanjutnya Boy juga menjelaskan bahwa Unpad telah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung peningkatan jumlah proposal PKM yang lolos ke tahap pendanaan berupa pelatihan serta evaluasi kepada tim PKM yang sudah mengirimkan proposal, tetapi belum berhasil lolos pendanaan.

Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kesalahan yang ada pada proposal tersebut, sehingga dapat diperbaiki untuk mengikuti PKM selanjutnya.

“Terus saja dipoles, dilatih, dan Insyaallah jadi bagus. Dievaluasi apa kekurangannya, kadang hanya sedikit-sedikit saja,” kata Boy.

Boy berharap melalui ajang PKM ini para mahasiswa dapat terus bersemangat dalam meningkatkan kreativitas serta gagasan-gagasan yang baru. Boy juga mengimbau kepada mahasiswa, khususnya yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti program PKM ini agar senantiasa pantang menyerah dan memiliki mental yang kuat.

Selain itu, kemampuan kerja sama dalam tim serta manajemen waktu yang baik juga sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan bersama.

“Pesan saya untuk yang sedang mempersiapkan PKM ini solid dalam satu tim, terus memiliki mental yang kuat, semangat yang tinggi, dan harus yakin bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil,” jelasnya.

Secara keseluruhan, jumlah proposal yang didanai terdiri dari PKM-K (8 tim), PKM-KI (1 tim), PKM-KC (3 tim), PKM-PI (1 tim), PKM-PM (3 tim), PKM-RE (24 tim), dan PKM-RSH (11 tim) yang berasal dari FEB (2 tim), FK (3 tim), FMIPA (10 tim), Faperta (4 tim), FKG (2 tim), FIB (7 tim), Fapsi (4 tim), Fapet (2 tim), FPIK (4 tim), dan Farmasi (13 tim). (arm)*

Share this: